Hebat! Santri Diniyyah Puteri dan Kauman Muhammadiyah Padang Panjang Juara II di Pospenas IX

Santri Diniyyah Puteri dan Kauman Muhammadiyah Padang Panjang Juara II di Pospenas IX
Santri Diniyyah Puteri dan Kauman Muhammadiyah Padang Panjang Juara II di Pospenas IX. (f/kominfo)

SURAKARTA, Mjnews.id – Nisrina Alifah Azzahra, santri Diniyyah Puteri dan Puthi Andam Wulandari, santri Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah meraih prestasi membanggakan di ajang Pekan Olah Raga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) IX di Surakarta, Jumat (25/11/2022). Keduanya menyabet juara II di gelaran nasional ini.
Tepat di Hari Guru, Nisrina berhasil merebut juara II di cabang lomba Pidato Bahasa Inggris. Sedangkan, Puthi juara II pada cabang Pencak Silat. Mereka tergabung dalam Kontingen Provinsi Sumatera Barat. Pospenas IX berlangsung 23-27 November, dibuka Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas. 
Informasi Humas Diniyyah Puteri, Nisrina melewati babak penyisihan sehari sebelumnya, Kamis (24/11/2022) dan berhasil mengantarkan Provinsi Sumbar menjadi 6 besar, menuju babak final bersama kontingen Provinsi Jawa Tengah, Bali, Riau, Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan. 
Pada babak final Jumat ini, Nisrina tampil membawakan pidatonya dengan judul “Solve The Problem of Gadget Addiction in Teenagers to Realize A Young Generation Who are Smart, Healthy and Have A Noble Character”.
Pidato inilah yang membawanya meraih juara ke-2 dalam ajang bergengsi Pospenas IX.
Sebelumnya, pada babak penyisihan, Nisrina membawakan pidato Bahasa Inggrisnya dengan judul “The Role of Santri in Tackling Bully As Young Generation Who Understand Religion”.
Guru Pendamping Nisrina, Dra. Dartini, M.Pd menyampaikan rasa syukur atas prestasi yang diraih muridnya.
“Alhamdulillah, sejauh ini Nisrina dapat mempersembahkan yang terbaik. Harapan ke depannya semoga kemampuan pidato Bahasa Inggris Nisrina dan santri lainnya dapat lebih ditingkatkan. Sehingga lebih banyak lagi santri yang dapat berkiprah menjadi pendakwah internasional untuk mensyiarkan agama Islam,” katanya.
Hal senada disampaikan, Mudir Pontren Kauman Muhammadiyah, Dr. Derliana, MA. Dirinya berharap prestasi Puthi bisa ditingkatkan. “Semoga ke depannya kita bisa mendapatkan juara I dengan terus berlatih dan tidak patah semangat agar bisa mengharumkan nama Kauman Padang Panjang di tingkat nasional,” ujarnya.
Pelatih Tapak Suci Kauman, Andi Adrian, mengatakan prestasi yang diraih anak didiknya ini tidak terlepas dari dukungan pimpinan dan civitas akademika Pontren Kauman Padang Panjang. 
“Cabang Pencak Silat tunggal putri pada babak penyisihan dilaksanakan pada Kamis, sedangkan babak final dilaksanakan pada Jumat. Pada babak final, memperolah nilai 422 sebagai juara 2,” tuturnya.
(rls)