Imam Besar Masjid Istiqlal: MTQ Korpri Maju Luar Biasa
×

Adsense

Adsense Mobile

Imam Besar Masjid Istiqlal: MTQ Korpri Maju Luar Biasa

Selasa, 01 November 2022 | 12.30 WIB Last Updated 2022-11-01T08:45:21Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Zudan Arif Fakrulloh bersama KH. Nasarudin Umar
Ketum Korpri Nasional, Prof. Zudan Arif Fakrulloh bersama Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. KH. Nasarudin Umar. (f/kemendagri)

Jakarta, Mjnews.id - Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. KH. Nasarudin Umar menilai MTQ Korpri berjalan sangat dinamis. 

"Saya ikuti selama ini ternyata per-MTQ-an Korpri berkembang luar biasa dan sangat menggembirakan," katanya saat memberikan sambutan pada Technical Meeting MTQ VI Korpri di Auditorium Korpri, Gedung Bapeten lantai 8, Jakarta, Senin (31/10/2022).

Nasarudin mengapresiasi penyelenggaraan MTQ yang sudah dilakukan 5 kali dan akan diselenggarakan untuk keenam kalinya pada tanggal 6–12 November 2022 di Padang, Sumatera Barat.

Seperti diketahui, Korpri telah menginisiasi MTQ yang pertama di Makassar, Sulawesi Selatan dilanjutkan MTQ II tahun 2014 di Banda Aceh, MTQ Korpri III di Samarinda, Kalimantan Timur, dan dilanjutkan MTQ IV di Jakarta tahun 2018. 

Terakhir, MTQ V diselenggarakan di Kendari, Sulawesi Tenggara tahun 2021 dan akan dilaksanakan untuk keenam kalinya di Padang, Sumatera Barat.

Yang menarik selama pandemi Covid-19, MTQ Korpri tidak vakum dan tetap menyelenggarakan MTQ Virtual KORPRI di tahun 2020.

“Saya melihat bahwa potensi Korpri menjadi semakin strategis dalam syiar dan dakwah Islam. Selain itu saya amati selama ini MTQ Korpri selalu bergerak maju dengan inovasi-inovasi," ujar Rektor PTIQ ini. 

Memang, semenjak awal digelarnya MTQ, Panitia selalu berbenah diri. 

Pada MTQ V telah dimunculkan inovasi berupa cabang Khat Digital yang viral menjadi perbincangan di kalangan Khattat. 

Pada MTQ VI di Sumatera Barat, panitia mencoba melakukan penilaian digital sehingga mempermudah Dewan Hakim dan Panitera.

“Ini suatu perubahan yang patut diapresiasi bahkan dapat menjadi embrio positif yang dapat ditularkan ke MTQ Umum,” pungkas mantan Wakil Menteri Agama ini.

Ketum Korpri Nasional, Prof. Zudan Arif Fakrulloh menyatakan, MTQ VI Korpri akan diikuti dengan kafilah terbanyak. "Antusiasme partisipasi kafilah pada tahun ini tidak terbendung lagi," kata Prof. Zudan di tempat yang samaa.

Menurut Zudan, MTQ Korpri yang merupakan bagian integral dari HUT Korpri ke-51 ini mencapai rekor tertinggi dalam keikutsertaan kafilah, yakni diikuti sebanyak 83 kafilah yang terdiri atas kafilah kementerian/lembaga sebanyak 49 kafilah, serta 34 kafilah provinsi.

Sementara Mendagri Tito Karnavian sebagai Pembina Korpri mengatakan, MTQ Korpri ini bisa mendorong para ASN menguatkan integritas dan moralitas dalam bekerja.

(Puspen Kemendagri)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update