Jawab Pandangan Umum Fraksi DPRD, Wako Solok Sampaikan Ini
×

Adsense

Adsense Mobile

Jawab Pandangan Umum Fraksi DPRD, Wako Solok Sampaikan Ini

Senin, 21 November 2022 | 04.00 WIB Last Updated 2022-11-21T09:57:12Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Rapat paripurna DPRD Kota Solok
Rapat paripurna DPRD Kota Solok. (f/prokomp)

Kota Solok, Mjnews.id - Walikota Solok, Zul Elfian Umar sampaikan jawaban pemerintah terhadap Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Kota Solok atas dua Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang APBD Kota Solok Tahun Anggaran 2023 serta Ranperda tentang Pengelolaan Keuangan Daerah di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Solok, Minggu (20/11/2022).

Sebelumnya, pada Jum'at (18/11/2022), Wakil Walikota Solok, Dr. H. Ramadhani Kirana Putra, menyampaikan Nota Pengantar Rancangan Peraturan Daerah tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023 dan Rancangan Peraturan Daerah tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Solok.

Menurut Wawako, penyusunan Ranperda tentang APBD Tahun Anggaran 2023 mengacu pada ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 77 Tahun 2020 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 84 Tahun 2022 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2023.

Disebutkannya, anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) adalah rencana keuangan tahunan Pemerintah Daerah yang dibahas dan disetujui bersama oleh Pemerintah Daerah dan DPRD, dan selanjutnya ditetapkan dengan Peraturan Daerah.

Penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kota Solok Tahun Anggaran 2023 ini, telah melalui beberapa tahapan dimana saat ini kita telah sampai pada tahapan penyampaian Rancangan Perda tentang APBD kepada DPRD.

"Adapun tahapan penyusunan APBD diawali dengan penyampaian Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Rancangan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) yang telah disepakati bersama antara Pemerintah Daerah dengan DPRD Kota Solok pada Tanggal 13 Agustus 2022 yang lalu," tutup Wawako.

Rapat dipimpin Ketua DPRD Kota Solok, Hj.Nurnisma didampingi Wakil Ketua DPRD Kota Solok Efriyon Coneng. Turut hadir, Forkopimda Kota Solok, Anggota DPRD Kota Solok, Asisten II Sekda Kota Solok, serta para kepala OPD terkait.

(Billy)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update