Ketua Forum Anak Padang Panjang Ini Lolos “Satu Hari Jadi Menteri PPPA”
×

Adsense

Adsense Mobile

Ketua Forum Anak Padang Panjang Ini Lolos “Satu Hari Jadi Menteri PPPA”

Selasa, 15 November 2022 | 22.00 WIB Last Updated 2022-11-15T15:00:00Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Kanaya Malika Amanda
Kanaya Malika Amanda (17). 9f/kominfo)

PADANG PANJANG, Mjnews.id - Kanaya Malika Amanda (17), Ketua Forum Anak Padang Panjang, lolos dalam program “Sehari Jadi Menteri PPPA” yang diadakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) guna memperingati Hari Anak Perempuan Internasional.

Program ini digelar untuk mengajak anak Indonesia ikut serta dalam “Sehari Menjadi Menteri PPPA” dengan tema “Anak Indonesia Terlindungi dari Segala Bentuk Kekerasan Seksual”. Di mana tema ini sejalan dengan program Kemen PPPA terkait pelopor dan pelapor (2P), yang bertujuan membangun kapasitas anak agar dapat melakukan pencegahan dan melindungi dirinya dari segala bentuk kekerasan.

Lolosnya Kanaya dalam program ini, melewati tiga tahap penilaian. Di antaranya tahap 1 pembuatan video opini dan solusi, tahap kedua tes tulis pengetahuan terkait menteri dan tahap ketiga wawancara oleh yayasan Plan Indonesia dan pihak Kemen PPA.

Siswi kelas XII SMAN 1 Sumbar itu, lolos berdua dengan siswa yang berasal dari Ambon dalam kategori individu. Selain menjadi ketua Forum Anak Kota Padang Panjang, Kanaya juga merupakan Duta SMAN Provinsi Sumbar Direktorat SMA.

“Saya berharap dengan terpilihnya Satu Hari Jadi Menteri PPPA ini bisa berkontribusi aktif dalam memperjuangkan hak-hak anak nantinya. Juga bisa meningkatkan kualitas diri saya dalam memberikan manfaat kepada orang lain,” ujarnya kepada Kominfo, Selasa (15/11/2022).

Selain mendapatkan dukungan penuh dari orang tuanya, Kanaya juga didukung Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPKBPPPA).

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak DSPPKBPPPA, Ade Wandra, S.IP menyampaikan, prestasi yang diukir Kanaya di tingkat nasional merupakan sebuah pencapaian yang sangat luar biasa secara pribadi maupun Forum Anak secara umum.

“Ini menjadi salah satu indikator keberhasilan Pemerintah Kota dalam melakukan pembinaan dan pemenuhan hak anak di Kota Padang Panjang. Semoga prestasi yang telah diukir Kanaya dapat menjadi motivasi dan semangat baru bagi anak-anak di Kota Padang Panjang untuk terus mengembangkan diri, baik dalam hal akademik, organisasi maupun sikap atau karakter. Sekali lagi, selamat untuk Kanaya dan Forum Anak Kota Padang Panjang,” ungkapnya.

(tia/arb)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update