Kyai Afif di R20: NU Bertanggung jawab Mengawal Perdamaian Dunia
×

Adsense

Adsense Mobile

Kyai Afif di R20: NU Bertanggung jawab Mengawal Perdamaian Dunia

Kamis, 03 November 2022 | 13.43 WIB Last Updated 2022-11-03T06:43:35Z

Advertisement

Advertisement

KH Afifuddin Muhajir
Wakil Rais Aam PBNU, KH. Afifuddin Muhajir. (f/nu)

BALI, Mjnews.id - Wakil Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH. Afifuddin Muhajir mengatakan NU sebagai organisasi keagamaan terbesar di dunia merasa mempunyai amanat dan tanggung jawab untuk berperan aktif di dalam menyelesaikan persoalan, utamanya persoalan keamanan dan perdamaian dunia.

Ditemui di tengah kesibukannya mengikuti forum Religion of Twenty (R20) di Nusa Dua, Bali, pada Kamis 3 November 2022.

Kyai Afif menerangkan bahwa persoalan perdamaian di dunia banyak orang yang mengatakan pemicu utamanya adalah agama.

"Oleh karena itu, PBNU mengundang tokoh-tokoh agama dari berbagai negara untuk diajak rembuk mengenai persoalan itu," jelas Wakil Pengasuh Ponpes Salafiyah Syafi’iyah Situbondo, Jawa Timur, ini.

Dalam forum R20 ini, Kyai Afif melanjutkan, tokoh-tokoh agama yang sejak awal tampil sebagai pembicara secara umum menyampaikan tidak benar agama dikatakan sebagai sumber masalah, justru sejatinya agama hadir untuk menyelesaikan masalah.

"Kira-kira apanya yang salah? Menurut saya yang salah bukan agamanya, yang salah adalah penafsiran terhadap agama atau pengamalan terhadap agama, mudah-mudahan forum ini bisa menyelesaikan masalah yang sudah lama diusahakan," katanya.

Ketika ditanya, apakah R20 ada kaitannya dengan Halaqah Fiqih Peradaban yang juga digagas PBNU, secara tegas Kyai Afif menjawab sangat berkaitan, sebab bicara peradaban tidak bisa dipisahkan dengan ketenteraman, kesejahteraan, dan keamanan.

Kyai Afif pun berharap forum R20 terus dilanjutkan karena tugas perdamaian membutuhkan proses yang panjang. "NU yang sudah memulai, harus terus mengawal acara acara seperti ini," tegasnya.

(eki)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update