Mendagri Sebut HUT ke-51 Korpri Jadi Momentum Penting untuk Berkontemplasi

Muhammad Tito Karnavian
Mendagri Muhammad Tito Karnavian. (f/puspen kemendagri)

Jakarta, Mjnews.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menyebut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) menjadi momentum penting untuk berkontemplasi, merenung, dan melakukan evaluasi.

Menurut Mendagri, keberadaan Korpri merupakan sebuah prestasi tersendiri, lantaran organisasi tersebut dapat diterima oleh publik dan masih bertahan hingga di usia ke-51 tahun. 

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Korpri sudah dikenal oleh rakyat. Dan kalau kita bedah, banyak hal-hal positif yang sudah dikerjakan oleh organisasi Korpri maupun para anggotanya, melayani publik, menjadi tulang punggung pemerintahan,” ujar Mendagri pada Puncak Acara HUT ke-51 KORPRI Tahun 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (29/11/2022). 

Mendagri menuturkan, peran dari anggota Korpri sangat penting bagi negara. Tanpa kiprah dan sumbangsih dari mereka, proses penyelenggaraan pemerintahan tidak bisa berjalan. Hal tersebut dinilai juga menjadi prestasi tersendiri bagi Korpri. Meski demikian, Mendagri tak memungkiri masih terdapat tantangan yang harus dihadapi Korpri, salah satunya mengenai sejumlah oknum terkait yang tersangkut persoalan hukum. 

Karena itulah, Mendagri meminta agar momentum tersebut menjadi waktu yang tepat untuk berubah menjadi lebih baik. Hal itu untuk mempersiapkan segala hal yang terjadi di masa depan. Pada kesempatan itu, Mendagri mendorong jajaran anggota Korpri untuk memiliki mental agility atau keluwesan dan kelincahan. Mental tersebut berguna dalam menyongsong dan beradaptasi terhadap datangnya perubahan. 

Baca Juga  Mendagri Imbau APIP Dampingi Belanja Pemda agar Lebih Efektif dan Efisien

“Agility adalah keluwesan, kelincahan untuk bisa beradaptasi. Itulah disebut dengan agile, agility.  Berubah, luwes, beradaptasi dalam perubahan, karena di dunia ini yang pasti adalah perubahan,” tambahnya. 

Sementara itu, dalam laporannya, Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional Zudan Arif Fakrulloh berharap momentum HUT ke-51 tersebut mampu mendorong seluruh aparatur sipil negara (ASN) agar menjaga keutuhan negara, serta keberagaman.

Dia menjelaskan, kegiatan yang berlangsung di Istora Senayan tersebut menjadi acara puncak HUT ke-51 Korpri. Sebelumnya, untuk memeriahkan perayaan tersebut, Korpri telah menggelar beragam kegiatan seperti kesenian, olahraga, bakti sosial, hingga MTQ Korpri. 

Zudan menambahkan, pada tahun pertama kepengurusan Dewan Pengurus Korpri Nasional periode 2022-2027, kegiatan yang diusung berfokus pada empat program besar. Pertama, kegiatan yang digelar untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan digitalisasi birokrasi. Kedua, menguatkan ideologi dan karakter ASN. Ketiga, memberikan perlindungan karier dan bantuan hukum bagi ASN. Serta keempat, meningkatkan kesejahteraan bagi ASN. 

Baca Juga  Kemendagri Dukung Peningkatan Kapasitas ASN dalam Penganggaran APBD 2023 Pemkab Bangka Selatan

“Mari di dalam 4 tahun ke depan kita terus mendorong reformasi birokrasi untuk menjadikan sistem pemerintahan berbasis elektronik sebagai ruh birokrasi. Bagaimana kita mendigitalkan semua pekerjaan kita, salah satunya bisa kita awali dengan penerapan digital signature,” pungkasnya. 

Hadir pada acara tersebut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, serta Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong. Selain itu hadir pula Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Marullah Matali, dan Founder ESQ Ary Ginanjar Agustian. 

(rel/eki)