MTQ Nasional XI Tingkat Kabupaten Pasaman Barat Ditutup, Sungai Beremas Juara

Kecamatan Sungai Beremas berhasil menjadi juara MTQ Nasional XI Tingkat Kabupaten Pasaman Barat
Kecamatan Sungai Beremas berhasil menjadi juara MTQ Nasional XI Tingkat Kabupaten Pasaman Barat. (f/kominfo)

Pasbar, Mjnews.id – Bupati Pasaman Barat (Pasbar), Hamsuardi didampingi Wakil Bupati Risnawanto, secara resmi menutup Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-XI tingkat Kabupaten Pasaman Barat, Jumat (25/11/2022) di Kecamatan Koto Balingka. Penutupan yang berlangsung meriah itu dimulai dengan penurunan bendera Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) dengan menyanyikan mars MTQ.

Bupati Pasbar Hamsuardi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut menyukseskan pelaksanaan MTQ Nasional ke-XI tingkat Kabupaten Pasaman Barat. Ia meminta kepada para orangtua, pihak sekolah serta pelatih untuk mempersiapkan anak-anak, generasi muda Pasbar dalam peningkatan prestasi di cabang masing-masing lomba.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Momen ini sangat jarang, jika dihitung-hitung mungkin 25 tahun ke depan baru akan terlaksana MTQ di Koto Balingka ini. Untuk itu, kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat yang telah membantu pelaksanaan MTQ ini. Di atas langit masih ada langit, hari ini kita berlomba tingkat kabupaten setelah ini akan ada lagi tingkat provinsi, nasional, dan tingkat dunia. Untuk itu saya sangat berharap penuh, untuk peningkatan prestasi kita di cabang masing-masing,” harap Hamsuardi.

Bupati Hamsuardi menambahkan, MTQN ke-39 tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun lalu menempatkan Pasbar di peringkat 9. Ia berharap, tahun depan Pasbar bisa meraih peringkat 5 besar sesuai target yang diimpikan. Ia memohon dukungan moril dan materil semua pihak, sehingga ke depan pelaksanaan MTQ baik tingkat kabupaten maupun tingkat Provinsi Sumatera Barat lebih sukses dan lebih berhasil lagi.

Baca Juga  OJK Sumbar Apresiasi Program TPAKD Tanah Datar

Sementara itu, Ketua DPRD Pasbar Erianto menyebutkan penyelenggaraan kegiatan MTQ Nasional tingkat Kabupaten Pasaman Barat yang ke-XI berjalan dengan lancar, aman, tertib dan sukses. Sukses dalam penyelenggaraan maupun dalam menggali potensi qori qoriah.

Untuk itu, ia mengucapkan terima kasih kepada segenap panitia dan masyarakat Koto Balingka sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ Nasional ke-XI tingkat Kabupaten Pasaman Barat.

Pelaksanaan MTQ ini lanjutnya, memiliki makna yang sangat penting yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pelaksanaan MTQ dapat dijadikan sarana untuk menumbuhkan kesadaran spiritual tentang Al-Qur’an.

Selain itu, juga dapat dijadikan sebagai sarana perekat kebersamaan dan membangun kekuatan yang berdasarkan nilai-nilai agama Islam dalam menyongsong pembangunan, mewujudkan masyarakat yang baik, aman, dan tentram.

“Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami ucapkan selamat atas prestasi yang diraih oleh para juara, dan kepada yang belum berhasil kami ingatkan agar terus mengasah kemampuan sedangkan bagi yang sudah dinyatakan sebagai pemenang kami harapkan jangan berpuas diri dan terus belajar. Apabila hal ini kita upayakan, insya Allah suasana religius sangat terasa, meskipun kegiatan ini sudah selesai,” tambahnya.

Baca Juga  Mahyeldi Minta Dukungan Penuh Warga Sumbar Percepat Tol Padang-Pekanbaru

Selain itu, Sekcam Koto Balingka Makmur Hidayat dalam laporan panitia menjelaskan MTQ Nasional ke-XI tingkat Kabupaten Pasaman Barat dilaksanakan mulai dari tanggal 22 hingga 25 November 2022 di 13 tempat lomba dan 40 pemondokan untuk kafilah, tim kerja dan dewan hakim yang tersebar di 5 kejorongan di Kecamatan Koto Balingka. Jumlah kafilah sebanyak 549 orang terdiri dari 280 putra dan 269 putri.

“Adapun cabang lomba yang telah dilombakan terdiri dari 11 cabang lomba yakni Bintang Qasidah, Tilawah, Kitab Standar, Syarhil Qur’an (MSQ), Khutbah Jum’at, Hifzil Non Tilawah, Hifzil Tilawah, Tartil, Khattil Qur’an (Kaligrafi), Fahmil Qur’an (MFQ), dan Musabaqoh Makalah Ilmu Al Qur’an (M2IQ),” terangnya.

Pada MTQ Nasional ke-XI tingkat Kabupaten Pasaman Barat tahun 2022 ini, Kecamatan Sungai Beremas berhasil menduduki juara (rangking) 1 dari 11 kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Pasaman Barat, dengan total poin sebanyak 73 poin dengan rincian 65  juara I, 6 juara II dan 2 juara III. Sedangkan rangking selanjutnya diduduki oleh Kecamatan Pasaman dan Kecamatan Koto Balingka dengan total poin sebanyak 58 poin.

(wal)