Padang Panjang Barat Juara Umum MTQ ke-40 Tingkat Kota

Wali Kota Fadly Amran serahkan trofi juara umum MTQ ke-40 tingkat Kota Padang Panjang kepada Kecamatan Padang Panjang Barat
Wali Kota Fadly Amran serahkan trofi juara umum MTQ ke-40 tingkat Kota Padang Panjang kepada Kecamatan Padang Panjang Barat. (f/kominfo)

PADANG PANJANG, Mjnews.id – Pelaksanaan MTQ Nasional XL-2022 Tingkat Kota Padang Panjang berlangsung sukses. Kafilah Kecamatan Padang Panjang Barat (PPB) berhasil keluar sebagai juara umum pada musabaqah yang berlangsung sejak Senin (28/11) dan ditutup secara resmi Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano di Masjid Islamic Center, Rabu (30/11/2022).

Berdasarkan keputusan Dewan Hakim, PPB mengantongi total nilai 156. Yaitu juara I di 18 cabang perlombaan (nilai 90), juara II di 18 cabang (nilai 54), juara III pada 13 cabang (nilai 13).

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sementara, Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT) berada di posisi kedua, mendapatkan total nilai 65. Akumulasinya, juara I di empat cabang (nilai 20). Juara II di 12 cabang (nilai 36), Juara III di sembilan cabang (nilai 9).

PPB mendominasi pada seluruh cabang Tilawah, Tahfidz 1 Juz Non Tilawah dan Tahfidz Juz 1 Tilawah, serta cabang Syarhil Qur’an baik kategori putra maupun putri. Di sisi lain, cabang Tahfidz 5 Juz non Tilawah, umumnya didominasi jalur LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an). 

Baca Juga  Wako Fadly Amran Resmikan Ruang Pelayanan Terpadu Rutan Padang Panjang

Wako Fadly dalam sambutannya, mengapresiasi kepada seluruh pihak terkait atas terlaksananya MTQ ke-40 ini. Kepada pemenang lomba, dia berpesan untuk terus belajar menggali seluruh potensi serta tidak sombong dengan apa yang didapat. “Pelajari terus, gali terus kemampuan. Jangan sombong, karena itu tidak akan membuka wawasan,” ucapnya.

Fadly menyebutkan, pelaksanaan MTQ sejatinya adalah suatu bentuk pembinaan terhadap generasi muda Islam di Kota Padang Panjang supaya cinta kitab suci Al Qur’an dan menerapkan ilmu agama di kehidupan sehari-hari. “Kepada orang tua dan keluarga pemenang MTQ, selamat telah mengantarkan kesuksesan anaknya di dunia dan Insyaa Allah sampai akhirat kelak. Persiapkan terus untuk MTQ di Sumbar nanti,” imbaunya.

Kepala Kantor Kemenag Padang Panjang, Drs. Alizar Chan, M.Ag Datuak Sindo Nan Tongga menyampaikan, MTQ ke-40 diikuti sebanyak 410 orang dari tiga kafilah, telah berjalan lancar dan sukses. 

Baca Juga  Kemendagri Pertanyakan Urgensi Mobnas Baru Gubernur - Wagub Sumbar

Alizar mengapresiasi inovasi nilai yang langsung tayang. Menurutnya, hal itu merupakan keistimewaan sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas. “Semoga pelaksanaan MTQ lebih mantap ke depannya. Selamat kepada peserta. Bagi yang belum menang jangan kecil hati, tingkatkan terus kemampuan,” tuturnya.

Untuk pemenang lomba MTQ, juara I mendapatkan trofi lepas dan uang tunai untuk perorangan Rp1,5 juta. Juara II trofi dan uang tunai Rp1 juta, serta juara III trofi dan uang Rp500 ribu. 

Sedangkan untuk kelompok, juara I mendapatkan trofi lepas dan uang tunai Rp4,5 juta. Juara II trofi dan uang tunai Rp3,5 juta, serta juara III trofi dan uang Rp2,5 juta. 

Pada MTQ ke-40 ini, peserta yang mendapatkan nilai tertinggi pada cabang lomba Tahfidz anak, juga mendapatkan hadiah paket umrah dari PT BSM Tour and Travel yaitu atas nama Zhafran Zandra Alfaritzi yang merupakan kafilah dari Padang Panjang Timur.

(rfk/arb)