Pemkab Pasbar Gelar Lomba Tahfizh Qur'an Tingkat SD dan SMP
×

Adsense

Adsense Mobile

Pemkab Pasbar Gelar Lomba Tahfizh Qur'an Tingkat SD dan SMP

Selasa, 15 November 2022 | 14.52 WIB Last Updated 2022-11-15T07:52:21Z

Advertisement

Advertisement

Pemkab Pasbar Gelar Lomba Tahfizh Qur'an Tingkat SD dan SMP
Pemkab Pasbar Gelar Lomba Tahfizh Qur'an Tingkat SD dan SMP. (f/kominfo)

Pasbar, Mjnews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat (Pasbar) menggelar Lomba Tahfizh Qur'an jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) tingkat Kabupaten Pasaman Barat, Selasa (15/11/2022) di Aula Kantor Bupati setempat. Lomba bertemakan "Raih Keberkahan Bersama Al-Qur'an" itu dibuka langsung oleh Wakil Bupati Pasbar Risnawanto.

Pada kesempatan itu, Wabup Risnawanto mengatakan lomba Tahfizh Qur'an jenjang SD dan SMP itu merupakan kegiatan yang sesuai dengan program Pemda Pasbar dan visi misi bupati, wakil bupati Pasbar. Ia menambahkan, bahwa Tahfizh Qur'an bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang berorientasi pada sumber daya manusia yang cerdas sebagai harapan bangsa.

"Program Tahfizh Qur'an ini kita terapkan di Pasbar sebagai tambahan pelajaran tingkat SD maupun SMP. Program ini tidak terlepas dari dukungan bapak/ ibu kepala sekolah, komite, dan guru. Ini merupakan program tambahan sebagai visi misi bupati, wakil bupati periode saat ini," katanya.

Ia menambahkan, seiring berkembangnya zaman banyak timbul kekhawatiran selaku umat muslim. Generasi penerus harus dibekali ilmu Al -Qur'an dalam menjawab tantangan masa depan. Untuk itu, ia berharap program Tahfizh Qur'an yang dilakukan mendapatkan hasil yang baik dan memberi dampak positif bagi perkembangan pendidikan di Pasbar.

"Perkembangan zaman, berkembangnya tekhnologi serta masuknya pengaruh budaya asing membuat kita semua khawatir dan cemas. Tidak ada cara lain, kita harus kembali kepada ajaran agama kita yaitu Al-Qur'an. Program ini kita programkan dari tingkat SD, agar dari usia dini generasi kita memahami dan menghayati isi yang terkandung dalam Al-Qur'an," tangkasnya.

Sementara Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Pasbar Agusli menjelaskan, lomba tahfizh yang dilaksanakan merupakan lanjutan dari lomba tingkat kecamatan se-Pasbar. Selanjutnya, pemenang lomba tingkat kecamatan itu, mewakili kecamatan masing-masing untuk mengikuti lomba tingkat kabupaten. 

"Peserta lomba ini berjumlah 66 orang dan ditambah dengan peserta tingkat Boarding School. Seminggu lalu kita sudah melaksanakan lomba tingkat kecamatan diseluruh kecamatan di Pasbar. Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan meriah dan sukses. Dari lomba tersebut telah didapatkan juara 1 2 3. Dan hari ini perwakilan yang menang itu dilombakan tingkat kabupaten," jelas Agusli.

Ia berharap, lomba Tahfizh Qur'an berjalan dengan lancar dan diharapkan dapat membentuk ribuan generasi muda yang qur'ani di Pasbar.

(Dedi)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update