Pimpin Pengambilan Sumpah Janji, Sekjen Minta PNS Kemendagri dan BNPP Komitmen Layani Rakyat
×

Adsense

Adsense Mobile

Lazada

Pimpin Pengambilan Sumpah Janji, Sekjen Minta PNS Kemendagri dan BNPP Komitmen Layani Rakyat

Kamis, 03 November 2022 | 20.00 WIB Last Updated 2022-11-03T13:30:16Z

Advertisement

Advertisement

Suhajar Diantoro pimpin pengambilan sumpah janji ASN Kemendagri dan BNPP
Sekjen Suhajar Diantoro pimpin pengambilan sumpah janji ASN Kemendagri dan BNPP. (f/kemendagri)

Jakarta, Mjnews.id - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro meminta Pegawai Negeri Sipil (PNS) berkomitmen melayani rakyat.

Hal itu disampaikannya usai memimpin Pengambilan Sumpah/Janji PNS di Lingkungan Kemendagri dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Tahun Anggaran 2022 di Lapangan Plaza, Kantor Pusat Kemendagri, Kamis (3/11/2022).

“Tugas kita adalah pelayanan. Sampai satu saat apa pun jabatan yang disandangkan di pundakmu, jadi apa pun nanti jabatan yang akan kalian sandang di masanya, apa pun nama jabatannya, mau fungsional ataupun struktural, tugasmu adalah melayani,” katanya.

Lebih lanjut, pengambilan sumpah janji tersebut turut didampingi rohaniawan agama masing-masing. Adapun PNS yang mengikuti prosesi itu berjumlah 219 orang. Menurut Suhajar, pengambilan sumpah janji PNS tersebut bukanlah acara seremonial, melainkan terdapat amanah yang harus dipertanggungjawabkan sebaik-baiknya kepada Tuhan dan institusi.

“Pegawai negeri bersumpah untuk ditempatkan di mana saja. Tadi bersumpah untuk mengabdi kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, maka NKRI itu dari Sabang sampai Merauke dan kamu harus siap tugas di sana,” tuturnya.

Dia menambahkan, PNS dituntut untuk senantiasa meningkatkan kompetensi karena ke depan persaingan akan semakin ketat. Apalagi undang-undang telah memberikan ruang kepada Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) untuk mengisi bagian-baian pekerjaan yang tidak bisa diisi oleh PNS. Untuk itu, Sekjen meminta PNS rajin meningkatkan kompetensi dan pendidikannya setinggi mungkin.

“Itulah slot atau ruang yang diberikan di UU ASN untuk P3K. Karena pemerintah tidak akan menggadaikan strategi tujuan bernegara hanya dengan kita yang mungkin karena malas dan tidak mampu terus kita berdiam diri saja,” terangnya.

Suhajar berharap, momentum pengambilan sumpah itu menjadi refleksi bagi PNS agar terus menjaga tiga keseimbangan. Pertama, keseimbangan rumah tangga atau keluarga. Kedua, keseimbangan di tempat kerja. Ketiga, keseimbangan di kehidupan sosial. 

"Jaga hubungan baik dengan kawan-kawan satu kantor. Kalau tidak bisa menjaga hubungan baik dengan kawan-kawan di kantor, betapa menderitanya hidupmu karena kamu akan berada di kantor itu 8 sampai 10 jam. Maka pastikan keseimbangan hubungan di kantor harus jaga dengan baik," jelas Suhajar.

Selain itu, Suhajar mengingatkan pula agar PNS mengaplikasikan nilai-nilai dasar atau core values BerAKHLAK. Adapun core values tersebut merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Dia menambahkan, nilai-nilai itu penting diterapkan di era sekarang, sebab dunia telah memasuki gelombang revolusi industri keempat atau revolusi digital berbasis internet.

"Kalian harus bisa menuju ke digitalisasi manajemen. Hari ini kita sudah memulainya. Apakah kita sudah sangat digital? Belum. Kalian (PNS) harus membantu kementerian ini untuk semakin mendigitalisasikan Kemendagri ini," tambahnya.

(Puspen Kemendagri)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update