Posisi BULD DPD RI untuk Penguatan Harmonisasi Legislasi Pusat dan Daerah
×

Adsense

Adsense Mobile

Posisi BULD DPD RI untuk Penguatan Harmonisasi Legislasi Pusat dan Daerah

Selasa, 15 November 2022 | 09.00 WIB Last Updated 2022-11-15T07:07:17Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Dialog BULD DPD RI di Aula Kantor Gubernur Bengkulu
Dialog BULD DPD RI di Aula Kantor Gubernur Bengkulu, pada Jumat (11/11/2022). (f/dpd)

BENGKULU, Mjnews.id - DPD RI hadir untuk menjembatani aspirasi dan kepentingan daerah apabila terdapat kendala dalam proses pembentukan peraturan daerah. BULD DPD RI memposisikan diri untuk memberikan penguatan kepada daerah dalam kerangka harmonisasi legislasi pusat dan daerah. 

“Jadi dalam hal ini daerah tidak perlu alergi dengan DPD RI, dengan wewenang dan tugasnya untuk melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap rancangan peraturan daerah (Ranperda) dan peraturan daerah (Perda),” kata Wakil Ketua DPD RI Sultan B. Najamudin, S.Sos, M.Si dalam acara Dialog Badan Urusan Legislasi Daerah (BULD) DPD RI bertemakan "Kewenangan Pemerintahan Daerah di Sektor Pertambangan, Kehutanan dan Lingkungan Hidup Pasca UU Cipta Kerja, serta Implikasinya terhadap Pembentukan Perda". 

Acara dialog berlangsung di Aula Kantor Gubernur Bengkulu, pada Jumat (11/11/2022) yang dibuka Gubernur Bengkulu diwakili Sekretaris Daerah Drs. H. Hamka Sabri, M.Si.

Dalam sambutannya, Gubernur Bengkulu memberikan apresiasi atas kehadiran BULD DPD RI, seraya berharap harmonisasi legislasi pusat dan daerah berjalan dengan baik dan cepat untuk pencapaian kesejahteraan daerah dan masyarakat Bengkulu. 

Sementara itu, Ketua BULD DPD RI Ir. Stefanus BAN Liow, MAP mengatakan hasil dialog akan dikaji dan didalami lebih lanjut sebagai pengayaan materi terhadap output pemantauan dan evaluasi ranperda dan perda terkait izin di sektor pertambangan, kehutanan dan lingkungan hidup. 

Wakil Ketua I BULD DPD RI dari Dapil Bengkulu Akhmad Kanedy, SH,MH menjelaskan bahwa hadir memberikan materi yakni dari Kementeri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, serta Kementerian ESDM RI. Hadir Pimpinan dan Anggota BULD DPD RI, Perangkat Daerah, Bapemperda DPRD Bengkuku, Akademisi, LSM, Perusahaan.

(dpd/eds)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update