Puan Maharani Saksikan MoU PKNU Korsel dengan Kampus RI

Puan Maharani peroleh gelar Doktor Honoris Causa Bidang Ilmu Politik
Ketua DPR RI, Puan Maharani peroleh gelar Doktor Honoris Causa Bidang Ilmu Politik dari Pukyong National University (PKNU), Korea Selatan. (f/dpr)

BUSAN, Mjnews.id – Ketua DPR RI, Puan Maharani melakukan penanaman pohon usai memperoleh gelar Doktor Honoris Causa Bidang Ilmu Politik dari Pukyong National University (PKNU), Korea Selatan. Ia juga menyaksikan penandatangan kerja sama atau MoU antara PKNU dengan 8 perguruan tinggi Indonesia.

Penanaman pohon dilakukan di depan Mirae Building PKNU, Busan, Senin (7/11/2022). Puan yang didampingi oleh Presiden ke-5 RI sekaligus ibundanya, Megawati Soekarnoputri menanam pohon sea pines atau pinus laut.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Setelah menanam pohon, Puan dan Megawati bersama rombongan delegasi Indonesia mengikuti acara resepsi makan siang yang diselenggarakan oleh PKNU di Conference Hall, College of Engineering PKNU. Resepsi tersebut dibuat khusus untuk Puan yang baru saja menerima gelar Doktor Honoris Causa.

“Saya ingin sampaikan apresiasi kepada Universitas Pukyong, atas kepercayaannya sehingga saya dapat menerima anugerah Doktor Kehormatan ini,” ungkap Puan.

Universitas Nasional Pukyong merupakan salah satu lembaga pendidikan yang terdepan dalam bidang riset kelautan terutama untuk studi perikanan, maritim  dan juga pengembangan teknologi inovasi. Pemberian gelar Doktor Kehormatan diberikan kepada Puan atas perannya dalam menghadirkan arah pembangunan yang lebih baik di Indonesia, mendorong kesetaraan gender, dan menunjukkan kepemimpinan baru di Asia.

Baca Juga  Dandim Boyolali Ajak Generasi Muda Mencintai Bangsa dengan Merawat Peradaban

“Atas dasar itu, maka gelar Doktor Kehormatan bidang politik ini merupakan pengakuan tidak saja atas kerja yang saya lakukan, namun juga kerja dari semua perempuan Indonesia dalam mendorong terciptanya kesetaraan gender,” kata perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

“Gelar ini juga merupakan pengakuan bagi kerja DPR dalam menjalankan fungsinya, dalam berkontribusi membangun Indonesia yang lebih maju,” sambung Puan.

Ditambahkannya, gelar dari PKNU pun merupakan pengakuan akan tumbuhnya pemimpin-pemimpin baru di Asia yang menghadirkan gagasan baru tentang kawasan damai, stabil, dan sejahtera, sebagai penggerak ekonomi global. Melalui gelar tersebut, Puan berharap dapat terus mengabdi bagi bangsa Indonesia serta mengimplementasikan demokrasi Pancasila bagi Indonesia yang lebih sejahtera, adil, damai, dan berkelanjutan.

Baca Juga  Festival Malingka Carano Tingkat SD/MI se-Kota Pariaman 2022 Ditutup, Ini Pemenangnya

“Cita-cita mulia ini hanya dapat tercapai jika kita bergotong royong, dan saling bersinergi. Dalam konteks ini, saya juga berharap nantinya saya dapat semakin memperkuat hubungan Indonesia dan Korea di masa depan,” sebutnya.

Puan kemudian menyaksikan penandatanganan kerja sama akademik antara PKNU dengan 8 perguruan tinggi Indonesia. Acara penekenan MoU itu digelar di Jangbogo dan dilakukan oleh Rektor PKNU Prof Jang Young-Soo dan 8 rektor perguruan tinggi Indonesia yang mengikuti kerja sama pendidikan.