Puluhan Karya Seni dari Berbagai Daerah Tampil di Tambo Art Padang Panjang

Pameran Seni Rupa Tambo Art
Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran buka Pameran Seni Rupa Tambo Art. (f/kominfo)

PADANG PANJANG, Mjnews.id – Pameran Seni Rupa Tambo Art dengan tema Alua Jo Patuik resmi dibuka Wali Kota Padang Panjang, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano, Selasa (29/11/2022) di GOR Bancalaweh. 

Sebanyak 42 karya seni, seperti lukisan, patung, seni grafis, instalasi, media baru, video art dan kriya seni ditampilkan pada event yang berlangsung hingga 8 Desember nanti. 

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pameran ini berskala nasional lantaran melibatkan pelaku seni yang berasal dari Sumatera Barat, Yogyakarta, Bandung, Jakarta, komunitas yang terlibat dengan kegiatan Art Tour, serta dosen dan mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang. 

Wako Fadly mengapresiasi atas terselenggaranya pameran seni tersebut. Menurutnya, kehadiran Tambo Art memberi warna tersendiri pada penumbuhkembangan sumberdaya seni Minangkabau. Tambo Art telah membangun sejumlah galeri, menyelenggarakan berbagai pameran dan menjadi wadah berkumpul berdiskusi dan beraktualisasi para pelaku seni. 

Baca Juga  Masuk Nominasi DTW Halal, Islamic Center Padang Panjang Dinilai Tim Provinsi

Dengan kegiatannya itu, Tambo Art sekarang menjadi salah satu komunitas berpengaruh dalam skema seni di Sumatera Barat. Sesuatu yang sangat membanggakan dan sangat bermanfaat untuk peningkatan kesenian di Sumatera Barat dan Indonesia.

Pemko akan menyediakan pasar seni yang sedang dikerjakan saat ini. Akhir tahun ini diperkirakan sudah selesai. “Kita sudah menganggarkan. Akan ada spot untuk seniman-seniman, memperlihatkan dan menjual hasil karya seninya,” kata Fadly. 

Perdana

Sementara itu, Ketua Tambo Art Center Yon Indra, S.Sn menyampaikan, event ini merupakan event pertama dengan skala cukup besar yang diselenggarakan Tambo Arts Center sejak awal pandemi merebak hingga sekarang ini. 

Sedari pertama pandemi, sebutnya, Tambo Arts Center tetap aktif mengadakan pameran, namun dengan cakupan yang lebih kecil. Pameran dengan cakupan kecil diadakan di sekretariat Tambo Arts Center dengan ruang yang terbatas dan cakupan yang lebih kecil.

Baca Juga  Gubernur Sumbar: "Story Telling" Bisa Perkuat Daya Tarik Objek Wisata Batu 5 Padang Panjang

Adapun, event pameran seni rupa Alua jo Patuik, merupakan event yang diselenggarakan dalam rangka menyambut even Art Tambo #5 pada 2023.

“Tujuan dari event ini adalah untuk membangun iklim seni rupa Sumatera Barat, membangun ekosistem seni rupa, mengedukasi masyarakat agar ke depannya terciptalah apresiasi yang lebih baik lagi dari masyarakat. Membangun kerja sama dan berkolaborasi dengan banyak pihak agar iklim dan ekosistem seni rupa yang diidam-idamkan tadi dapat tercapai lebih cepat,” ujarnya.