Puncak Pemilihan Uda Uni Sumbar 2022 di Istano Basa Pagaruyung, Ini Pemenangnya
×

Adsense

Adsense Mobile

Puncak Pemilihan Uda Uni Sumbar 2022 di Istano Basa Pagaruyung, Ini Pemenangnya

Minggu, 06 November 2022 | 13.00 WIB Last Updated 2022-11-06T09:32:07Z

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Malam puncak Pemilihan Uda Uni Sumbar 2022
Malam puncak Pemilihan Uda Uni Sumbar 2022 di Istano Basa Pagaruyung. (f/prokopim)

Batusangkar, Mjnews.id - Istano Basa Pagaruyung yang terletak di Kota Batusangkar merupakan salah satu ikon pariwisata Tanah Datar bahkan Provinsi Sumatra Barat, kali ini dipilih menjadi lokasi malam puncak pemilihan Uda dan Uni Duta Wisata Sumatera Barat 2022. 

Bupati Tanah Datar Eka Putra yang hadir saat malam puncak pemilihan Uda dan Uni Duta Wisata Sumatera Barat, Sabtu (5/11/2022), dalam sambutannya menyapa dan menyampaikan selamat datang kepada seluruh undangan dan juga suporter 16 Kabupaten dan Kota yang masuk ke babak final. 

"Tentunya ini menjadi kebanggaan bagi kami. Terima kasih kepada bapak Gubernur dan juga Dinas Pariwisata Sumbar yang telah menunjuk malam puncak dilaksanakan di Istano Basa Pagaruyung ini, mohon maaf kalau dalam penyambutan dan pelayanan ada yang kurang memuaskan," katanya. 

Namun, tambah Eka, Tanah Datar siap untuk melaksanakan kegiatan yang sama di tahun depan. "Kita siap, sekiranya dibolehkan untuk menjadi tuan rumah kembali tahun depan," sampainya. 

Di kesempatan itu Bupati Eka juga mengajak dan mengundang seluruh tamu yang hadir untuk kembali hadir pada Festival Pesona Minangkabau (FPM) di lokasi yang sama yang bakal dibuka pada tanggal 17 November 2022 esok. 

"Insya Allah, Tanah Datar juga bakal melaksanakan sebuah event nasional yakni FPM, karena itu Saya mengajak seluruh yang hadir untuk turut menyaksikannya," ajak Eka. 

Sebelumnya, Kadis Pariwisata Provinsi Sumatera Barat Luhur Budianda selaku ketua pelaksana menyampaikan terima kasih atas kesediaan Pemkab Tanah Datar menjadi tuan rumah malam puncak pemilihan Uda Uni Duta Wisata Sumbar 2022. 

"Terima kasih atas kesediaan Tanah Datar. Kegiatan ini dilaksanakan karantina di sini semenjak 1 sampai 5 November, dengan menghadirkan narasumber dan juri yang berkompeten pada bidangnya masing-masing," sampainya. 

Budi mengungkapkan, tujuan dari pelaksanaan Pemilihan Uda Uni Duta Wisata Sumbar adalah turut menjadi ujung tombak pemasaran wisata. 

"Uda Uni setelah terpilih nantinya memiliki salah satu tugas pokok dan fungsi yakni sebagai salah satu ujung tombak pemasaran potensi wisata daerahnya kepada wisatawan yang akan dan sedang berkunjung ke daerahnya," sampainya. 

Ketua Dekranasda Provinsi Sumbar Umi Harneli Bahar Mahyeldi berharap yang menjadi pemenang bukan hanya tampan dan cantik, namun juga pintar dan memahami adat serta budaya Minangkabau. 

"Tentunya dengan dewan juri yang luar biasa dan sangat kompeten di bidangnya, Saya yakin yang menjadi juara memang yang terbaik, sehingga nantinya juga bisa menjadi ujung tombak promosi wisata Sumatera Barat," sampainya. 

Umi Harneli juga menyampaikan terima kasih atas fasilitasi Bupati bersama Wabup dan Dekranasda Tanah Datar untuk pelaksanaan malam puncak pemilihan Uda Uni Duta Wisata Sumbar 2022. 

Gubernur Sumatera Barat diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Wardarusmen, menyampaikan apresiasi karena dilaksanakan berbeda dari biasanya yang dilaksanakan secara terbuka di Istano Basa Pagaruyung. 

"Di lokasi yang luar biasa ini akan bersaing 16 perwakilan Kabupaten Kota untuk menjadi yang terbaik. Semoga lahir pemuncak atau juara yang mampu menjadi representasi dan insan yang akan mempromosikan potensi wisata Sumbar, dan nantinya akan menjadi partner Dinas Pariwisata Sumbar," tukasnya. 

Selepas penilaian maka diperoleh 10 besar Uda yakni Uda Kabupaten 50 kota, Kabupaten Solok, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Sijunjung, Kota Sawahlunto, Kabupaten Agam, Kabupaten Pasaman, Kota Padang, Kota Payakumbuh dan Kabupaten Pesisir Selatan. 

Sedangkan 10 besar Uni adalah Uni Kota Padang, Kota Sawahlunto, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten 50 Kota, Kabupaten Solok dan Kota Payakumbuh. 

Kemudian 10 besar Uda Uni diberikan pertanyaan dan dijawab serta dinilai langsung oleh dewan juri yakni Taufik Nurhidayat, Andri Yulika, Yulizal Yunus, Yuliandre Darwis dan Arzeti Bilbina. 

Dan hasil penilaiannya adalah :

I. Juara I sebagai Uda Uni Duta Wisata Sumbar 2022.
1. Uda dari Kabupaten Pesisir Selatan
2.Uni dari Kota Padang 

II. Wakil I
1. Uda dari Kota Padang 
2. Uni dari Kabupaten Tanah Datar 

III. Wakil II
1. Uda dari Kabupaten Padang Pariaman
2. Uni dari Kabupaten Solok 

IV. Harapan I
1. Uda dari Kota Payakumbuh
2. Uni dari Kabupaten 50 Kota 

V. Harapan II
1. Uda dari Kabupaten 50 Kota
2. Uni dari Kota Sawahlunto 

VI. Harapan III
1. Uda dari Kabupaten Pasaman
2. Uni dari Kabupaten Sijunjung 

VII. Kategori Favorit 
1. Uda dari Solok Selatan
2. Uni dari Solok Selatan 

VIII. Kategori Berbakat
1. Uda dari Kota Bukittinggi
2. Uni dari Kabupaten Agam 

Untuk pelaksanaan malam puncak pemilihan Uda Uni Duta Wisata Sumatera Barat 2023, setelah cabut lot bakal dilaksanakan di Kabupaten Solok Selatan dengan alternatif di Kabupaten Dharmasraya.

(prokopim)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update