Selama 2022, Nakertrans Sumbar Selesaikan 2 Kegiatan Non Pisik Warga Trans Ini
×

Adsense

Adsense Mobile

Selama 2022, Nakertrans Sumbar Selesaikan 2 Kegiatan Non Pisik Warga Trans Ini

Rabu, 02 November 2022 | 21.53 WIB Last Updated 2022-11-02T14:53:14Z

Advertisement

Advertisement

Padang, Mjnews.id - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dengan kegiatan Transmigrasi tahun 2022 menggunakan biaya APBN dapat menyelesaikan 2 jenis kegiatan non pisik. 

Ungkapan ini dikatakan Kepala Dinas Nakertrans Sumbar, Datuk Nizam Muluk pada media ini, Rabu 2 November 2022.

Menurut Nizam Muluk pula, pertama kegiatan untuk pembinaan rohaniawan da'i dan penyelesaian tunggakan sertifikat hak milik di Lunang Silaut, Kabupaten Pesisir Selatan. 

Kedua, Padang Tarok Kabupaten Sijunjung ditempatkan terakhir tahun 2018 sebanyak 221 KK sama dengan 846 jiwa yang terdiri dari Transmigrasi lokal di (Padang Tarok Kabupaten Sijunjung, Pariaman dan Agam) sebanyak 81 KK, dan warga transmigrasi asal Provinsi Jawa Tengah sebanyak 140 KK. 

Dan, kegiatan pembinaan ekonomi, kelembagaan sosial budaya, pendidikan tingkat dasar dan kesehatan dengan melibatkan OPD terkait di daerah itu,  penyelesaian pembagian lahan dan pengurusan sertifikat. 

Termasuk, pemberian peralatan dapur dan alat pertanian, pertukangan dan catu pangan untuk 1 tahun pertama ditempatkan. 

Bantuan bibit tanaman pangan, bibit perkebunan dan lainnya (paket A dan paket B) diserahkan secara bertahap sampai tahun 2020 lalu. 

"Pada umumnya warga transmigrasi dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dengan mengolah lahan yang dibagikan adalah lokasi Padang Tarok, Kabupaten Sijunjung masih mempunyai sisa daya tampung sebanyak 79 KK," katanya. 

"Untuk tahun 2023 depan telah diusulkan namun belum terakomodir dalam anggaran. Tetapi dengan dana APBD Provinsi Sumbar tahun 2022, kegiatan penatausahaan pencadangan tanah untuk kawasan transmigrasi, lokasi di Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Sijunjung dan Kabupaten Pesisir Selatan," pungkasnya.

(oc)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update