Tanam 1000 Pohon di Kebun Percobaan Unand, Gubernur Sumbar Tracking bersama Mahasiswa

Mahyeldi Tracking bersama Mahasiswa Unand
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Tracking bersama Mahasiswa Unand. (f/kominfotik)

PADANG, Mjnews.id – Dalam memeriahkan Dies Natalis ke-68, Fakultas Pertanian (Faperta) Unand, Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi sekligus Ketua Ikatan Alumni Faperta Unand  membuka dan mengikuti Walk and Fun serta penanaman seribu tanaman di Kebun Percobaan Pertanian Limau Manis, Padang, Minggu (27/11/2022).
Sebelum kegiatan Walk and Fun dimulai, Gubernur melakukan podcast bersama rektor Unand di Gedung Fakultas Pertanian (Faperta) Unand, yang diikuti oleh Dirut Bank Nagari M.Irsad, Dekan Fakuktas Pertanian, Indra Dwipa dan Ir. Djoni Pembina Yayasan AFTA.
Rute walk and fun sepanjang 1,4 kilometer tersebut dibuka oleh gubernur bersama rektor Unand, Prof. Yuliandri, Ketua Panitia, Harry Myzani, dari gerbang kebun percobaan pertanian hingga finish di Masjid Batu.
Saat tracking gubernur berkesempatan berbincang bersama para mahasiswa dan alumni Fakultas Pertanian Unand. Gubernur juga bertanya kepada para mahasiswa apakah siap menjaga 1000 batang pohon yang akan ditanam nantinya. Para mahasiswa tersebut dengan kompak dan semangat menyatakan bahwa mereka siap untuk merawat dan menjaga pohon-pohon tersebut.
Dalam sambutannya gubernur mengatakan bahwa akan lebih baik pohon-pohon yang ditanam nantinya memiliki ibu dan bapak asuh, sehingga dapat bermanfaat dalam jangka panjang.
“Bagusnya pohon-pohon yang telah di tanam ini ada bapak asuh dan ibu asuhnya. Siapa yang paling subur pohonnya diberi hadiah, sehingga saya jamin kalau kita bersinergi untuk merawatnya pohon ini akan terjamin, terawat, dan terpelihara secara baik,” ujar gubernur.
Gubernur juga berharap Dies Natalis ke-68 Unand tersebut dapat memberikan kebersamaan dan membawa keberkahan bagi alumni maupun civitas akademika Unand. “dengan memanfaatkan segala potensi yang ada di fakultas kita maupun di Unand sehingga peringkat 10 besar universitas terbaik ini bisa ditingkatkan kembali. Apalagi kita memiliki lahan 500 hektare yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan produk pertanian unggulan,” tutur gubernur.
Setelah berjalan santai sepanjang 1,4 kilometer gubernur bersama Rektor Unand langsung menuju kebun percobaan menanam secara simbolis 1000 bibit tanaman sukun, durian, petai, jengkol manggis dan gaharu.
Ketua panitia, Harry Myzani, mengatakan, Dies Natalis ke-68 Unand juga dimeriahkan dengan Lomba masak nasi goreng dengan beras organik yang diadakan di AFTA, Gor. H. Agusalim.
Ia juga berharap aksi penanaman 1000 batang pohon ini dalam rangka penyelamatan lingkungan serta dapat meningkatkan potensi pariwisata di Sumbar khususnya di bidang agrowisata.
(MMC)