Tingkatkan Ekonomi Kota Solok, Walikota Buka Pelatihan Pengembangan Usaha bagi UKM
×

Adsense

Adsense Mobile

Lazada

Tingkatkan Ekonomi Kota Solok, Walikota Buka Pelatihan Pengembangan Usaha bagi UKM

Senin, 07 November 2022 | 20.45 WIB Last Updated 2022-11-07T14:36:54Z

Advertisement

Advertisement

Zul Elfian Umar saat Pelatihan Pengembangan Usaha bagi UKM
Walikota Solok, Zul Elfian Umar saat Pelatihan Pengembangan Usaha bagi UKM. (f/prokomp)

Kota Solok, Mjnews.id - Dalam rangka meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi di Kota Solok, peran strategis UKM sangat menentukan sekali. Sejauh ini, UKM Kota Solok masih bisa bertahan pada tatanan ekonomi dasar.

Hal itu diungkapkan oleh Walikota Solok, Zul Elfian Umar saat membuka secara resmi pelatihan pengembangan usaha bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) se-Kota Solok, di Hotel Taufina Kota Solok, Senin (07/11/2022).

Sambung walikota, walaupun begitu, semua itu masih perlu dilakukan pembenahan-pembenahan dalam mewujudkan UKM yang "naik kelas" sebagai ujung tombak pergerakan ekonomi yang kuat dan mandiri serta menjadi wadah utama pembinaan masyarakat golongan ekonomi lemah.

"Menyikapi hal tersebut, kita menyadari bahwa banyak hal yang harus dilakukan untuk kemajuan UKM di Kota Solok antara lain pembekalan ilmu dan pengetahuan tentang pengembangan usaha, Digitalisasi Marketing dan pendampingan UKM," katanya.

Zul Elfian menjelaskan, dalam upaya memajukan peranan UKM di Kota Solok, perlu diadakan pembinaan yang berkelanjutan dan secara komprehensif melalui kegiatan pelatihan-pelatihan, hal tersebut diharapkan mampu menerapkan keterampilan dalam penggelolaan usahanya serta akan memberikan nilai positif bagi perekonomian di Kota Solok.

"Pelaksanaan pelatihan pengembangan usaha bagi UKM ini merupakan salah satu upaya nyata dalam menata, mengontrol dan mengendalikan usaha. Selain itu, hal yang perlu dilakukan yaitu pengadministrasian pencatatan keuangan yang tertib dan terarah sesuai dengan aturan pembukuan usaha," sebutnya.

"Pengelolaan administrasi yang dilakukan dengan baik akan dapat meningkatkan dan mengembangan UKM," ujarnya.

Selanjutnya, Pemerintah Kota Solok berkomitmen untuk mendukung sepenuhnya penguatan UKM termasuk dalam perizinan usaha, sehingga pelaku UKM mendapatkan perlindungan hukum dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya.

"Kita sadari bersama bahwa tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras, untuk itu Kami minta kepada semua pelaku usaha UKM di Kota Solok agar senantiasa berinovasi, berkreasi sehingga kedepannya dapat meningkatkan nilai-nilai produk UKM yang dihasilkan. Harapannya, produk-produk kita bisa keluar dari Kota Solok bahkan menguasai pasar yang ada di Sumatera Barat," terang wako.

Semoga dengan adanya pelatihan ini, para pelaku UKM akan mampu membenahi manajemen usaha, terutama digital marketing, teknis berbisnis dan pemaketan hasil usaha serta meningkatkan produktivitas yang berkelanjutan dan konsisten.

"Kita juga berharap agar para pelaku usaha mampu memberikan jawaban atas kebutuhan lapangan pekerjaan, sehingga masyarakat tidak hanya berperan sebagai konsumen saja di era globalisasi dan perdagangan bebas, namun juga sebagai produsen yang ikut ambil bagian secara aktif dalam perdagangan bebas tersebut," sebut Walikota.

Hadir bersama Walikota Solok, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Solok, Zulferi, Kepala PT.PNM Cabang Padang, Yunia Vitria Yohannes, serta 35 orang pelaku UKM Kota Solok.

(Billy)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan



Adsense



×
Berita Terbaru Update