TP PKK Nagari Sinuruik Gelar Lomba Makanan Tradisional Nasi Kunyik Singgang Ayam
×

Adsense

Adsense Mobile

Lazada

TP PKK Nagari Sinuruik Gelar Lomba Makanan Tradisional Nasi Kunyik Singgang Ayam

Rabu, 23 November 2022 | 02.30 WIB Last Updated 2022-11-23T06:25:07Z

Advertisement

Advertisement

Lomba Makanan Tradisional Nasi Kunyik Singgang Ayam Nagari Sinuruik
Ketua TP PKK Pasaman Barat, Ny. Titi foto bersama usai pembukaan Lomba Makanan Tradisional Nasi Kunyik Singgang Ayam di Nagari Sinuruik. (f/kominfo)

Pasbar, Mjnews.id - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Pasaman Barat Ny. Titi Hamsuardi membuka secara resmi Lomba Makanan Tradisional Nasi Kunyik Singgang Ayam yang digelar oleh TP PKK Nagari Sinuruik, di terminal Pasar Baru Nagari Sinuruik, Kecamatan Talamau, Senin (21/11/2022). 

Turut Hadir, Wakil Ketua TP PKK Ny. Fitri Risnawanto, Wali Nagari Sinuruik Fima Al Amin, serta stakeholder terkait lainnya. 

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Ny. Titi Hamsuardi selaku juri dalam lomba tersebut, meminta masyarakat Pasaman Barat untuk selalu melestarikan makanan Khas Minangkabau, karena merupakan makanan tradisional yang selama ini selalu dilestarikan secara turun temurun. 

Ia juga menjelaskan bahwa makanan tradisional nasi kunyik singgang ayam merupakan makanan tradisional khas Minangkabau yang selalu dilestarikan oleh masyarakat minang terutama kaum ibu atau bundo kanduang. 

"Besar harapan kami tradisi nasi kunik singgang ayam ini selalu dan terus kita lestarikan di Pasaman barat," harap Ny. Titi Hamsuardi. 

Sementara itu, Anggota DPRD Pasbar Baharudin R menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Talamau terkhusus di Sunuruik karena nasi kunyik singgang ayam merupakan  makanan yang sangat tradisional. 

"Makanan ini merupakan makanan tradisional yang biasanya di sediakan diacara adat dan bersifat penting," jelasnya. 

Ia juga berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mendorong masyarakat untuk selalu melestarikan makanan tradisional khas minangkabau terutama yang ada di Pasaman Barat. 

Selain itu Kadis Pariwisata Deki Harmiko mengatakan bahwa dengan adanya pelestarian makanan tradisional seperti makanan nasi kunyik singgang ayam tersebut dan lainnya yang merupakan khas Pasaman Barat maka kedepannya akan menjadi hal yang dapat menarik minat pendatang untuk berkunjung ke Pasaman Barat. 

"Talamau ini kan merupakan daerah yang berdekatan dengan perbatasan antara Pasaman Barat dengan Pasaman dan menjadi jalanan perlintasan, maka dapat menjadi peluang bagi kita untuk memperkenalkan makanan khas Pasaman Barat dan juga menjadi oleh-oleh untuk orang yang berkunjung," jelas Deki Harmiko 

Ia berharap kedepannya dengan adanya inisiatif masyarakat untuk mengembangkan budayanya melalui pelestarian makanan tradisional maka khususnya Sinuruik, Talamau dapat semakin maju.

(Dedi)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update