TP PKK Pasbar Berikan Bimtek untuk Pengentri Data Dasawisma Aplikasi Jembatan Asa

Bimtek untuk Pengentri Data Dasawisma Aplikasi Jembatan Asa
TP PKK Pasbar Berikan Bimtek untuk Pengentri Data Dasawisma Aplikasi Jembatan Asa

Pasbar, Mjnews.id –  Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pasbar memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) pengentri data Dasawisma melalui Aplikasi Jembatan Asa, kepada Pengurus TP PKK Nagari se Kabupaten Pasaman Barat.

Bimtek dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Pasaman Barat Ny. Titi Hamsuardi, Jumat(18/10) di Auditorium Kantor Bupati setempat, dengan menghadirkan narasumber dari Diskominfo Pasbar, Zamaluddin, S.Kom selalu pembuat dan pengelola Aplikasi Jembatan Asa Pasaman Barat.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Ketua TP PKK Ny. Titi Hamsuardi dalam sambutannya menjelaskan bahwa Aplikasi Jembatan Asa Pasaman Barat atau Aplikasi Jendela Informasi Pemberdayaan Masyarakat, Keluarga dan Dasawisma Pasaman Barat, adalah sebuah aplikasi yang disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat sebagai pengelola sistem informasi dan data tentang berbagai kebijakan. 

“Program dan kegiatan ini diharapkan mampu memberikan data dan informasi secara tepat, akurat, dan menyeluruh mulai dari tingkat Dasawisma, TP PKK tingkat nagari, kecamatan hingga kabupaten,” kata Ny. Titi Hamsuardi.

Baca Juga  Atlet Kempo Pasbar Raih 10 Medali di Kejurda Shorinji Kempo Kota Randang CUP 2022

Aplikasi Jembatan Asa Pasaman Barat, lanjutnya merupakan salah satu bentuk kolaborasi antara TP. PKK Kabupaten Pasaman Barat bersama Dinas Kominfo dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Pasbar.

“Untuk itu, dengan perkembangan teknologi informasi, kita telah berhasil menciptakan Aplikasi Jembatan Asa Pasaman Barat. Jangan sampai kita sia-siakan, karena begitu banyak informasi yang akan diperoleh melalui aplikasi ini. Diantaranya tentang catatan kelompok Dasawisma, yang berisikan tentang data keluarga, catatan data dan kegiatan warga dan data rekapitulani ibu hamil, melahirkan, nifas, ibu meninggal, kelahiran bayi, bayi meninggal dan kematian balita. Data-data ini sangat penting sebagai dasar pengambilan kebijakan pemerintah Kabupaten Pasaman Barat nantinya,” jelas Ny. Titi Hamsuardi 

Sejak dilaunchingnya aplikasi Jembatan Asa Pasaman Barat pada 24 Mei 2022 di Nagari Kinali, Kecamatan Kinali, yang saat itu mewakili Kabupaten Pasaman Barat untuk mengikuti lomba Gerakan PKK Tingkat Pasaman Barat Tahun 2022, dan berhasil mengantarkan Kabupaten Pasaman Barat memperoleh Terbaik II tingkat Provinsi Sumatera Barat untuk kategori Tertib Administrasi PKK. 

Baca Juga  Didampingi Wakil Ketua DPRD Endra Yama Putra, Bupati Buka Turnamen Bola Voli Car's II

Diakhir sambutannya, Ny. Titi Hamsuardi berharap dengan adanya aplikasi Jembatan Asa Pasaman Barat, dapat memberikan pembinaan dan evaluasi serta motivasi untuk menumbuhkan semangat berkarya secara luas dan tuntas oleh Tim Penggerak PKK. Sehingga kedepan pengambilan kebijakan di Pasaman Barat didukung oleh kelengkapan data termasuk data pada buku 3 Dasawisma.

(wal)