Wabup Risnawanto Resmikan Gedung Labor Kesehatan Daerah Pasbar, Ini Fasilitasnya
×

Adsense

Adsense Mobile

Wabup Risnawanto Resmikan Gedung Labor Kesehatan Daerah Pasbar, Ini Fasilitasnya

Jumat, 11 November 2022 | 20.00 WIB Last Updated 2022-11-11T13:00:00Z

Advertisement

Advertisement

Wabup Risnawanto Resmikan Gedung Labor Kesehatan Daerah Pasbar
Wabup Risnawanto Resmikan Gedung Labor Kesehatan Daerah Pasbar. (f/kominfo)

Pasbar, Mjnews.id - Laboratorium Kesehatan merupakan sarana penunjang upaya pelayanan kesehatan yang digunakan sebagai tempat untuk memeriksa, menganalisa material-material, baik dari manusia maupun lingkungan. Dengan selesainya pembangunan Laboratorium Kesehatan ini diharapkan agar dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga dapat mewujudkan masyarakat sehat di Kabupaten Pasaman Barat. 

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto saat meresmikan Gedung Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Pasaman Barat, di Jorong Padang Tujuh, Nagari Aur Kuning Kecamatan Pasaman, Jumat (11/11/2022). 

Turut Hadir dalam peresmian itu Ketua TP PKK Pasbar Ny. Titi Hamsuardi, Kepala DPPKBP3A Anna Rahmadia, Kadis Perhubungan Bakaruddin, Kabid Kesmas Dewi Indriani Djusair, Camat Pasaman Jon Endri, Camat Talamau Andre Afandi, Camat Kinali Saparuddin, Camat Sasak Ranah Pasisie Ferdinan Ujang serta stakeholder terkait lainnya. 

Wabup Risnawanto juga mengingatkan kepada camat, wali nagari, dan OPD terkait untuk ikut serta membantu mewujudkan fungsi Labkesda agar lebih baik kedepannya. Karena keberadaan labor ini dapat memberikan tambahan pendapatan daerah dalam melaksanakan pembangunan. 

"Kita dari pemerintah harus bisa mengawasi setiap pelaku usaha yang ada di wilayah kerja masing-masing, seperti depot air minum, penyedia air minum masyarakat, pengelolaan limbah bagi usaha industri sehingga kedepannya dapat mewujudkan derajat kesehatan masyarakat di Pasaman Barat yang lebih baik," ucap Risnawanto. 

Di akhir sambutannya ia berharap kedepannya Labkesda ini tidak hanya sebatas pemeriksaan bakteriologi, kimia dan fisika tetapi juga dilakukannya pemeriksaan klinik.

"Untuk itu mari bersama-sama wujudkan tujuan tersebut dengan dukungan dana dan SDM sehingga kehadiran laboratorium ini benar-benar bermanfaat bagi masyarakat," imbuhnya.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Hajran Hudab mengatakan, setelah diresmikannya Gedung Laboratorium Kesehatan ini, maka pemenuhan sarana prasarana kesehatan sesuai dengan jenis pelayanan akan dapat diberikan dengan baik. 

Ia juga menjelaskan tahap awal Labkesda ini diperuntukkan untuk laboratorium lingkungan kesehatan masyarakat yang berperan sebagai acuan dalam mencegah terjadinya gangguan kesehatan karena faktor lingkungan. 

"Pelayanan yang dapat dilakukan diantaranya pemeriksaan kualitas air, baik air bersih maupun air minum pada Depot air minum isi ulang (DAMIU), air kolam renang serta air limbah industri maupun rumah sakit, Selain pemeriksaan kualitas air, Labkesda juga melakukan pemeriksaan kelayakan makanan," jelas Hajran Huda. 

Dikatakannya bahwa manfaat Labkesda ini bagi Pemda Pasbar diharapkan dapat membantu kelancaran pembangunan, meningkatkan PAD dan bagi Dinas Kesehatan sendiri diharapkan dapat mendukung pelaksanaan program kesehatan serta dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan memberikan jaminan kepada masyarakat tentang pelayanan kesehatan yang diberikan.

(Dedi)

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Iklan Kiri Kanan

Adsense

×
Berita Terbaru Update