Warga Padang Panjang Laksanakan Salat Gerhana

Warga Padang Panjang Laksanakan Salat Gerhana
Warga Padang Panjang Laksanakan Salat Gerhana. (f/kominfo)

PADANG PANJANG, Mjnews.id – Usai pelaksanaan Salat Magrib, warga Padang Panjang laksanakan Salat Gerhana di beberapa masjid. Ini dilakukan menyusul terjadinya gerhana bulan total, Selasa (8/11/2022) malam.

Salah satu tempat pelaksanaan Salat Gerhana berlangsung di Masjid Islamic Center Kota Padang Panjang yang diimami Deni Rahman, S.IQ, S.Pdi dan khatib, Kasbi, S.Pdi, M.Pd.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dalam ceramahnya Kasbi mengatakan, gerhana bulan total terjadi hari ini, pukul 17.59 WIB. Umat muslim yang mendengar dan melihat hal ini, dianjurkan melaksanakan Salat Gerhana tersebut.

Baca Juga  Wako Padang Panjang Tinjau Persiapan Launching Desa Wisata Agro Sumbar

“Salat Gerhana ini merupakan sarana bagi umat untuk menafakuri, merenungi keberadaan Allah SWT. Salat sunnah ini diamalkan dengan tujuan mengagumi keagungan Allah SWT atas penciptaan matahari dan bulan,” terangnya.

Salat Gerhana, tambahnya, juga ditujukan sebagai penghadiran rasa takut kepada Allah SWT. Terjadinya gerhana bulan adalah untuk mengingatkan manusia pada tanda-tanda hari kiamat atau azab akibat dosa-dosa yang pernah dilakukan.

Baca Juga  Pembangunan Mushala Baiturrahman Pematang Tinggi Sikucur Utara Dimulai

Seperti kata Imam Al Ghazali, katanya lagi, yang pernah mengingatkan umat muslim bagaimana perilaku seorang umat terhadap terjadinya gerhana bulan yaitu senantiasa memiliki rasa takut, menampakkan rasa gelisah, segera bertaubat, tidak pernah bosan, segera melaksanakan salat dan berlama-lama dalam salat.

(cgs/arb)