Atraksi Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL Pukau Warga Tanjungpinang

Kirab Kota menyambut Hari Armada Tahun 2022
Kirab Kota menyambut Hari Armada Tahun 2022. (f/diskominfo)

KEPRI, Mjnews.id – Atraksi dan Penampilan Genderang Suling Gita Jala Taruna yang dimainkan Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) berhasil memukau ribuan masyarakat Tanjungpinang yang memadati Alun-alun Tugu Sirih Emas, Tanjungpinang, Sabtu (3/12/2022). 

Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL menampilkan kebolehannya kepada masyarakat Tanjungpinang dan sekitarnya dalam rangka Kirab Kota menyambut Hari Armada Tahun 2022 dan peresmian Markas Koarmada I yang pindah lokasi ke Tanjungpinang. 

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Atraksi yang dimainkan Angkatan Ke-68, 69, dan 70 Taruna AAL ini memimpin parade Kirab Kota yang dimulai dari Markas Koarmada I di jalan Yos Sudarso dan diakhiri di Alun-alun Tugu Sirih Emas. 

Kirab kota diikuti oleh barisan dari berbagai satuan TNI diantaranya Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal), Korps Marinir, hingga pasukan khusus Komando Pasukan Katak (Kopaska). Selain itu, kirab kota juga diikuti rangkaian kendaraan tempur taktis yang dimiliki TNI AL. 

Baca Juga  Wisman Singapura Masuk Kepri Tak Perlu Tes PCR

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad yang didampingi Panglima Komando Armada I Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah, turut menyaksikan penampilan Genderang Suling Gita Jala Taruna dari panggung kehormatan. 

Gubernur Ansar mengatakan kehadiran Koarmada I yang akan menempati markas baru di Tanjungpinang menjadi bukti bahwa Provinsi Kepri merupakan daerah strategis yang membutuhkan perhatian besar dari pemerintah. Provinsi Kepri yang merupakan provinsi kepulauan terbesar di Indonesia, dengan 96 persen wilayahnya terdiri dari lautan. dihadapkan pada perbatasan NKRI, tak ayal membuat Provinsi Kepri membutuhkan pengamanan maksimal dari TNI. 

“Dengan berpindahnya Koarmada I ke Tanjungpinang maka memperpendek rentang kendali untuk menjaga wilayah perbatasan, koordinasi dan sinergi yang baik sangat dibutuhkan untuk menjamin kedaulatan NKRI,” ujar Gubernur Ansar. 

Baca Juga  Sekdaprov Kepri Pimpin Rapat Satgas Penanganan Wabah PMK

Sementara itu, Laksda TNI Arsyad Abdullah mengatakan kirab kota ini digelar untuk memperkenalkan diri ke masyarakat kota Tanjungpinang dan Kepri atas kehadiran Koarmada I di bumi Segantang Lada ini. Dirinya berharap kehadiran Koarmada saya bisa memberikan kesan yang baik untuk masyarakat Tanjungpinang. 

“Kirab ini kami gelar sebagai salam perangsang dari kami Koarmada I ke masyarakat Tanjungpinang. Jika tidak ada halangan, peresmian Markas Koarmada I akan dilakukan langsung Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksaman TNI Yudi Margono tepat di Hari Armada tanggal 5 Desember nanti,” ujar Laksda TNI Arsyad Abdullah. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kaskogabwilhan I Mayjen TNI Lismer Lumban Siantar, Wakajati Kepri Yudi Indra Gunawan, Danlantamal IV Batam Laksma TNI Kemas M. Ikhwan Madani, Danguskamla Koarmada I Laksma TNI Isswarto, dan Danlanud RHF Tanjungpinang Kolonel Nav Arief Budiman.

(jlu/isb)