Bupati Agus Istiqlal Resmikan Komplek Perkantoran Pemkab Pesisir Barat

Resmikan Komplek Perkantoran Pemkab Pesisir Barat
Bupati Agus Istiqlal Resmikan Komplek Perkantoran Pemkab Pesisir Barat. (f/nurman)

Pesisir Barat, Mjnews.id – Bupati Pesisir Barat, Dr. Drs. H. Agus Istiqlal, SH., MH. resmikan komplek perkantoran Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Barat di Krui Kecamatan Pesisir Tengah, Selasa (27/12/2022).

Plt Sekda Ir. Jalaludin dalam laporannya menyampaikan, penataan penggunaan dan pemanfaatan kawasan komplek perkantoran pemerintah daearah (Pemda) Pesisir Barat yang tersusun atas Gedung A B dan C.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Gedung A terdiri dari lima lantai dan satu basement. Lantai atas atau lantai lima merupakan kantor Bupati. Lantai empat ditempati ruang staf Ahli ruang Protokol dan Aula utama,” kata Jalaludin.

Lantai tiga sekretariat daerah, asisten I, II dan III dan 9 Kepala bagian (Kabag). Lantai 2 ditempati oleh enam OPD, Inspektorat, Badan Perencanaan Pembangunan Pendapatan Daerah, Kesbangpol, PMP, dan Disnaker.

Gedung A terdapat lima OPD, Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Kominfotik dan Persandian, Penanaman modal Satu Pintu, Perumahan Rakyat dan Pemukiman, dan Koperindag. Basement lantai dasar merupakan area parkir motor dan 12 Kantin,” terang Sekda.

Sementara Gedung B ditempati Mall Pelayanan Publik, Dinas Pariwisata, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dan Dinas Perikanan.

Baca Juga  Polda Lampung Tangkap Suami Istri Diduga Pengedar Sabu-sabu

Gedung C terdiri dari dua lantai, lantai atas yang ditempati Dinas PPA dan KB, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian dan Dinas Sosial. Lantai satu Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia, Dinas Pemuda dan Olahraga dan Dinas Lingkungan Hidup,” pungkas Jalaludin.

Sebelum meresmikan komplek perkantoran, Bupati Agus Istiqlal mengatakan, atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat menyambut dengan baik serta mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dan partisipasi kerja keras dari semua pihak yang terlibat dalam pembangunan gedung.

“Mudah-mudahan dengan diresmikannya kantor ini, kerja kita menjadi lebih efektif, terfokus dan terarah. Untuk itu kami mengajak kepada semua pihak agar dapat bekerja lebih optimal dan profesional,” harap Bupati.

Lebih lanjut, bangunan Kantor Bupati dengan luas sekitar 24.594 m2, dengan struktur bangunan rangka baja dan dinding ACP serta atap bitumen dilengkapi 4 lift, 24 cctv indoor dan 2 cctv outdoor, fasilitas pemadam kebakaran, jaringan Wifi, daya PLN 1 mega watt, back up emergency PLN dengan genset kapasitas sebesar 1.125 kva, serta fasilitas pendukung lainnya.

Baca Juga  Miris, Bisnis Ilegal Penyelundupan Benur Lobster di Pesisir Barat Marak

Pembangunan tahap 1 dilaksanakan oleh PT. Nindya Karya (Persero) yang diawasi oleh Konsultan Manajemen Konstruksi PT. Pola Kendali Nusantara.

“Dilanjutkan pembangunan tahap 2 yang dilaksanakan oleh PT. Jaya Kontruksi Manggala Pratama, TBK yang diawasi oleh Konsultan Manajemen Konstruksi PT. Biro Arsitek dan Insinyur Sangkuriang. Sumberdana alokasi umum Kabupaten Pesisir Barat,” terang Bupati.

“Tujuan dari pembangunan infrastruktur perkantoran Pemerintahan ini adalah sebagai upaya mempermudah pelayanan Pemerintahan kepada masyarakat,” tutup Bupati.

Kegiatan dilanjutkan dengan Bupati beserta jajaran serahkan bantuan gerobak dagang secara simbolis melalui Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan kepada masyarakat. Pemaparan Sistem Aplikasi Elektronik oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Suyadi, S.IP. MM.

(Nurman)