Bupati Eka Putra Kukuhkan Anggota Satlinmas se-Kabupaten Tanah Datar

Bupati Eka Putra Kukuhkan Anggota Satlinmas se-Kabupaten Tanah Datar
Bupati Eka Putra Kukuhkan Anggota Satlinmas se-Kabupaten Tanah Datar. (f/prokopim)

Tanah Datar, Mjnews.id – Sebanyak 1.185 Tenaga Linmas Kabupaten Tanah Datar dikukuhkan Bupati Eka Putra, SE, MM yang digelar dengan Apel Besar di lapangan Bola Kaki Gumarang Batusangkar, Kamis (01/12/2022). 

Dalam amanat yang dibacakannya Bupati Eka Putra menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh linmas dari 75 nagari yang hadir dan seluruh peserta apel besar tersebut. 

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Bupati Eka Putra berharap Satlinmas semakin solid dan bekerja sepenuh hati dalam menjaga ketertiban dan keamanan ditengah-tengah masyarakat. 

“Perlindungan masyarakat merupakan urusan wajib Pemerintah yang berkaitan dengan pelayanan dasar dan sejajar dengan lima urusan dasar lainnya seperti pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum dan penataan ruang, kawasan permukiman serta sosial kemasyarakatan,” ucapnya. 

Dikatakan Eka Putra Satlinmas dari unsur masyarakat yang dibentuk oleh Wali Nagari bertugas melaksanakan perlindungan masyarakat lingkup nagari, dari itu Satlinmas sangat penting dan strategis bagi jalannya roda pemerintahan di daerah sehingga perlu mendapatkan perhatian yang lebih. 

“Apel besar dan Pengukuhan Satlinmas ini adalah sebagai upaya untuk menyukseskan pemilihan Wali Nagari (Pilwanag) Serentak pada tahun 2023 mendatang di 54 nagari di Kabupaten Tanah Datar dan juga dalam rangka menghadapi Pilkada Serentak 2024 mendatang,” ujarnya. 

Baca Juga  Wabup Richi Aprian Hadiri Malam Pisah Sambut Dandim 0307 Tanah Datar

Kepada seluruh Satlinmas yang dikukuhkan, Bupati Eka Putra berharap untuk menjadi garda terdepan dalam mengawal dan menyukseskan, Pilwanag, Pemilu, dan Pilkada Serentak agar berlangsung aman, jujur, adil, bermartabat, berkualitas dan berintegritas. 

“Dari informasi KPUD Tanah Datar sebanyak 1.249 TPS yang mana per TPS nya dijaga dua orang Satlinmas sementara yang dikukuhkan saat ini baru 1.185 orang, artinya kita masih kekurangan sebanyak 1.313 orang petugas lagi yang ditempatkan di TPS,” ulasnya. 

Bupati Eka Putra menambahkan, agar Satlinmas yang baru dikukuhkan selalu siap siaga dalam mengantisipasi serta menghadapi ancaman bencana alam di Tanah Datar karena kondisi cuaca hujan dan angin kencang masih cukup tinggi. 

Dikesempatan itu, Bupati Eka Putra juga berpesan kepada seluruh Satlinmas agar melaksanakan tugas dengan baik, tingkatkan profesionalisme dan humanisme dalam bertugas, selalu menjaga kewaspadaan dan selalu siap dalam memberikan pertolongan kepada masyarakat, selalu berkoordinasi dengan TNI dan Polri serta instansi lainnya, tidak terlibat narkoba, pekat dan norma hukum lainnya, serta tanggap dengan segala situasi. 

Baca Juga  PABPDSI Tanah Datar Dikukuhkan, Ini Pesan Bupati

Hal senada juga disampaikan Kasatpol PP Harfian Fikri, jika kebutuhan Satlinmas di Tanah Datar masih belum mencukupi, dari itu masih diperlukan penambahan namun itu tentu bergantung pada anggaran daerah. 

“Satlinmas per TPS itu minimal dua orang kalau masih kurang tentu akan dilibatkan dari nagari, bisa saja per nagari itu 10 hingga 15 orang karena ini tugasnya juga banyak untuk menjaga keamanan dan ketentraman masyarakat,” sebutnya. 

(prokopim)