Bupati Tanah Datar Kukuhkan Pengurus IKTD Tanjungpinang

Pengurus IKTD Kota Tanjungpinang
Bupati Tanah Datar, Eka Putra kukuhkan Pengurus IKTD Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau. (f/prokopim)

Tanjung Pinang, Mjnews.id – Bupati Tanah Datar, Eka Putra mengukuhkan Pengurus Ikatan Keluarga Tanah Datar (IKTD) Kota Tanjung Pinang periode 2021-2025 di Gedung Aisyah Sulaiman, Sabtu (24/12/2022) malam.

Dalam kegiatan yang turut dihadiri Walikota Tanjung Pinang Hj. Rahma, Bupati Eka Putra mengatakan betapa ia bersama rombongan tidak merasa di rantau, tapi terasa di kampung sendiri.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sebelumnya Ketua Ikatan Keluarga Tanah Datar (IKTD) Kota Tanjung Pinang, H. Irwan bersama segenap pengurus sambut dengan sukacita kedatangan Bupati Eka Putra di dermaga, dilanjutkan dengan jamuan makan malam bersama di Rumah Makan Putri Minang, milik seorang perantau dan di siangnya di rumah makan sederhana bersama Ownernya.

“Kedatangan kami disambut hangat, mulai dari pelabuhan, dijamu makan, disediakan angkutan antar jemput ke hotel, bahkan sesampai di hotel dipasangkan Tanjak sebagai ucapan selamat datang kepada kami, rasanya sangat luar biasa sambutan dunsanak kami yang ada di Tanjung Pinang ini, sesekali bertemu namun rasanya sudah sering,” kata Eka.

Bupati Eka Putra juga menyampaikan betapa perantau memiliki peranan penting dalam mendukung pembangunan di Tanah Datar, baik pembangunan fisik ataupun non fisik.

“Peranan perantau begitu besar bagi kami di Tanah Datar, tidak hanya membantu pembangunan fisik, namun juga kontribusi melalui ide dan saran serta karya nyata untuk kemajuan pembangunan di kampung halaman,” sampai Eka.

Melihat peranan para perantau seperti itulah, tambah Eka, ia selaku kepala daerah merangkul dan mengunjungi para perantau di berbagai wilayah nusantara untuk mengajak untuk turut secara nyata membangun kampung halaman.

Baca Juga  Gubernur Ansar Usulkan Kepri Jadi "Hub" Ekspor pada Rakorgub se-Sumatera 2022

“Alhamdulillah, Pemerintah Daerah terus menjalin hubungan baik dengan para perantau dimanapun berada, dan mengajak turut secara nyata untuk membangun kampung halaman. Khusus kepada IKTD Tanjung Pinang yang baru dikukuhkan kepengurusannya malam ini, semoga mampu semakin baik menjadi paguyuban yang selalu mengayomi anggotanya dan terus menjalin silaturahmi dengan pemerintah daerah dan ikut membangun kampung halaman,” pesannya.

Sedangkan untuk Kaba dari Kampuang, tambah Eka, Pemerintah Tanah Datar telah melaksanakan berbagai Program Unggulan (Progul) yang bertujuan untuk terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kita telah lakukan Progul Bajak Gratis, dimana mesin, operator dan BBM nya disediakan pemerintah melalui Brigade Alsintan. Program yang bertujuan meringankan biaya operasional tanam petani saat ini sudah terlaksana 100 persen lebih dari target, yakni dari 4.200 hektare lahan telah dibajak seluas 4.204,75 hektare,” sampainya.

Kemudian, sampai Eka, Asuransi Ternak dan Padi juga sudah berjalan 100 persen. Kemudian ada Progul Satu Rumah Satu Hafizh/Hafizah, Satu Nagari Satu Event bahkan kami juga mempunyai Program untuk menjauhkan masyarakat dari jeratan rentenir.

“Untuk Progul Satu Rumah Satu Hafiz/Hafizah dengan 263 Rumah Tahfizh se Tanah Datar telah mampu melahirkan setidaknya 13.000 penghafal Al Qur’an di Tanah Datar, minimal 1 juz. Dan, bagi rumah yang ditempeli stiker Progul ini diprioritaskan memperoleh bantuan dari Pemerintah Daerah. Kemudian Satu Nagari Satu Event telah dilaksanakan di 14 Nagari di 14 Kecamatan, alhamdulillah berjalan lancar dan program ini mampu meningkatkan roda ekonomi masyarakat, dan memotivasi menampilkan kembali berbagai seni, adat dan budaya serta kuliner yang telah lama terpendam atau bahkan hampir hilang,” terang Eka.

Baca Juga  Gubernur Kepri Hadiri Harlah ke-30 Ikatan Keluarga Besar Kendal di Batam

Dikatakan Eka lagi, tak kalah hebatnya dalam bulan Desember digelar Kongres Bundo Kanduang Sedunia pertama di Tanah Datar.

“Kongres yang pertama dilaksanakan ini menghadirkan Bundo Kanduang dari beberapa negara di dunia seperti Inggris, Australia dan beberapa negara lainnya serta dari berbagai wilayah di Indonesia. Dan Insya Allah akan hadir Museum Bundo Kanduang di Tanah Datar sebagai pusat budaya Minangkabau,” sampainya.

Terakhir Bupati Eka Putra menyampaikan ucapan selamat kepada kepengurusan IKTD Kota Tanjung Pinang yang telah dikukuhkan, semoga semakin jaya dan kompak serta terus turut membangun kampung halaman.

“Selaku kepala daerah, Saya titipkan perantau kami kepada Ibuk Walikota, semoga perantau kami semakin mampu memberikan yang terbaik bagi Kota Tanjung Pinang ini ke depannya. Kepada perantau terus memberikan dedikasi nyata di perantauan, khusus di Kota Tanjung Pinang dan tentunya juga berkontribusi nyata ke kampung halaman,” tukas Eka.