Dandim 0412 Lampung Utara Kembali Tanam Jagung di Lahan Ketahanan Pangan TNI-AD

Dandim-0412-Lampung-Utara-Kembali-Tanam-Jagung-di-Lahan-Ketahanan-Pangan-TNI-AD
Dandim 0412 Lampung Utara Kembali Tanam Jagung di Lahan Ketahanan Pangan TNI-AD. (f/pendim)

Kotabumi, Mjnews.id – Dalam rangka meningkatkan dan mempertahankan ketahanan pangan, Dandim 0412/Lampung Utara, Letkol Inf Andi Sultan, S.Pd., M.H didampingi Pasiter Kapten Inf Gus Amirul Amin turun langsung ke lokasi ketahanan pangan milik Kodim 0412/LU untuk menanam tanaman jagung kembali, yang sebelumnya sudah dilakukan panen raya, Jum’at (16/12/2022) pagi.

Bertempat di areal ketahanan pangan milik TNI-AD Kodim 0412/LU di Desa Jalan Raden Intan GG. Usaha Kelurahan Kota Alam, Kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Tanaman jagung bisi hibrida yang menjadi primadona kemitraan dengan para petani, akan dapat menentukan hasil yang lebih maksimal, jika kita tepat dalam pengelolaan maupun perawatannya,” jelas Dandim.

“Langkah ini kita ambil sebagai bentuk kongkrit Program Ketahanan Pangan Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurahman, S.E., M.M., dalam peningkatan produktivitas hasil pertanian dengan memanfaatkan potensi lahan tadah hujan di wilayah Kecamatan Lampung Utara,” ungkap Dandim.

Baca Juga  Motivasi Gotong Royong Warga, Babinsa Andong Bantu Renovasi Rumah

Penanaman jagung Kembali kita lakukan, ada sebanyak 1 hektare Lahan yang kita kelola di Kelurahan Kota Alam. Kita melaksanakan penanaman jagung di areal lahan milik Kodim.

Kegiatan ini kita laksanakan yang kedua kalinya. Yang pertama sudah kita tanam kemudian sudah kita panen, dengan luas 1 hektare yang hasilnya 1,8 ton. Harapan ke depan karena ini adalah salah satu program dari Kepala Staf Angkatan Darat terkait dengan ketahanan pangan.

Tentunya untuk mengantisipasi apabila terjadi krisis pangan, jadi kegiatan ini tetap akan berlanjut. Ke depannya diharapkan pengelolaannya akan kita tingkatkan kembali agar lebih maksimal lagi untuk mendapatkan hasil yang melimpah,” terang Dandim.

Baca Juga  Di Rakorda Baznas Lampung, Kemendagri Ungkap Potensi Zakat yang Sangat Besar

Dandim juga menambahkan, kita tetap memperhatikan faktor cuaca, karena sangat menentukan pada saat penanaman kembali. Memang beberapa hari terakhir di Kotabumi masih diguyur hujan pada sore hingga malam hari, sehingga tanah tadah hujan yang akan kita tanami agak sedikit lunak. Hal itu tidak masalah, kita berharap pada siang harinya dapat terkena sinar matahari,” terang Dandim.

Ditegaskan kembali oleh Dandim, hal tersebut merupakan bukti komitmen kita terhadap bidang pertanian yang terus digulirkan di wilayah Kabupaten Lampung Utara, dengan memanfaatkan potensi yang ada. Tujuan utamanya adalah peningkatan ketahanan pangan dan produktivitas hasil pertanian jagung,” tutup Dandim.

(Mpi)