Dua Legislator Ini Hadiri Sekolah Legislatif Mahasiswa Peternakan Unand Payakumbuh

Sekolah Legislatif
Dua Anggota Legislatif Hadiri Sekolah Legislatif Mahasiswa Peternakan Unand Payakumbuh. (f/yusra akbar)

Payakumbuh, Mjnews.id – Dua anggota Legislatif hadiri sekolah legislatif yang diselenggarakan oleh Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Universitas Andalas (Unand) Peternakan Kota Payakumbuh. Acara dilangsungkan di aula gedung Fakultas Unand Kecamatan Payakumbuh Utara, Minggu (18/12/2022).

Anggota DPR-RI dari dapil Sumbar II, Rezka Oktoberia mengatakan, ketika kita ingin menjadi Legislator yang profesional perlu dibekali dengan wawasan. Yang terpenting adalah selalu jalin komunikasi dengan berbagai kalangan.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Rezka juga berharap dengan adanya sekolah legislatif yang dilaksanakan oleh DPM Unand tersebut peserta dapat memahami tugas serta wewenangnya lembaga Legislatif,” ujar Rezka.

Ditambahkan Rezka, dirinya juga mengajak agar mahasiswa tidak Golput pada pemilu nanti. Dia juga menghimbau agar mahasiswa tidak terpecah belah dan tetap jaga persatuan dan kesatuan antar sesama dan masa depan bangsa tergantung di tangan adik-adik mahasiswa,” ujar Srikandi Partai Demokrat itu.

Baca Juga  Anggota DPRD Pasbar, Ali Nazir Gelar Jumat Berbagi

Selanjutnya, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh, Yendri Bodra Datuak Parmato Alam yang hadir dalam rangka kegiatan Sekolah Legislatif yang dilaksanakan oleh DPM Universitas Andalas dalam sambutannya menyampaikan, sangat mengapresiasi dan mendukung atas terselenggaranya sekolah legislatif yang di adakan oleh DPM Unand Payakumbuh ini.

Ia menambahkan, dengan terselenggaranya kegiatan ini mahasiswa dapat mengenal parlemen atau DPRD mulai dari kewenangan hingga hak-hak istimewanya. Sehingga, diharapkan timbul inisiatif ataupun keinginan untuk menjadi anggota DPRD di masa depan.

“Karena di DPRD dapat merasakan kebermanfaatan apa yang menjadi kewenangan dalam memperjuangkan hak-hak rakyat melalui parlemen ini,” imbuh politisi partai Golkar itu.

Yendri Bodra juga menyampaikan bahwa politik itu menjadi instrumen utama dalam pembangunan karena kebijakan politik yang menentukan arah kebijakan pembangunan dan itu lah hakikat politik yang sebenarnya, dan dalam politik saling jelek menjelekan apalagi fitnah memfitnah.

Baca Juga  Realisasi PKB dan BBNKB di Samsat Padang Panjang Tembus Miliaran Rupiah

“Karena politik itu sebetulnya kerja yang mulia, bisa mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” kata Yendri Bodra saat memberikan materi saat menjadi narasumber Sekolah Legislatif di Fakultas Peternakan Unand Payakumbuh.

Di sisi lain, Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Universitas Andalas (Unand) Kota Payakumbuh periode 2019/2020, Denny Syahputra Hasibuan mengungkapkan, dengan adanya kegiatan seperti ini merupakan bentuk edukasi dari tupoksi legislatif, yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada Mahasiswa baru dan mahasiswa aktif tentang seperti apa lembaga legislatif itu bergerak dan mempelajari tugas dan fungsi lembaga legislatif.

Denny juga berharap agar kegiatan sekolah legislatif tahun 2022 di Kampus Unand 2 Payakumbuh ini bisa berkelanjutan untuk ke depannya serta bisa memberikan ilmu dan pemahaman fungsi legislatif.

(Yud)