DPD RI  

DWP Setjen DPD RI Salurkan Bantuan Baksos ke Sekolah Sosial Bingkai Jalanan

Baksos ke Sekolah Sosial Bingkai Jalanan
DWP Setjen DPD RI Salurkan Bantuan Baksos ke Sekolah Sosial Bingkai Jalanan. (f/dpd)

JAKARTA, Mjnews.id – Dalam rangka HUT DWP ke-23, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sekretariat Jenderal (Setjen) DPD RI mengadakan bakti sosial (Baksos) pada Rabu (21/12/2022) ke Sekolah Sosial Bingkai Jalanan yang berlokasi di Senen Jakarta Pusat, sekaligus untuk memperingati Hari Ibu ke-94 yang jatuh pada tanggal 22 Desember 2022.

Pada acara tersebut Penasehat DWP Setjen DPD RI, Enny La Nyalla Mahmud Mattalitti mengungkapkan apresiasinya kepada orang-orang dan komunitas yang masih peduli dan memperhatikan pendidikan anak jalanan.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Saya sangat mengapresiasi berdirinya Sekolah Bingkai Jalanan ini, berawal dari harapan agar anak-anak untuk mendapatkan kesempatan yang sama dalam memperoleh pendidikan. Oleh karena itu kami, DWP Setjen DPD RI meski hanya bantuan kecil diharapkan dapat meringankan beban dan menambah semangat anak-anak belajar,” ungkap Enny yang juga merupakan istri dari Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti bersama Ketua DWP Setjen DPD RI, Zuliana Rahman Hadi dan anggota DWP lainnya.

Baca Juga  LaNyalla Dukung KPPU Usut Kartel Minyak Goreng

Ketua Umum DWP Setjen DPD RI, Zuliana Rahman Hadi menambahkan, bentuk bakti sosial kali ini berupa bantuan peralatan sekolah dan sembako. Diharapkan melalui bantuan ini dapat menarik pihak-pihak lain untuk ikut serta memberikan donasi dan bantuan pada pendidikan anak jalanan.

Pada kesempatan ini, Ketua DWP Setjen DPD RI juga mengajak anak-anak untuk membaca Pancasila dan menyanyikan lagu Indonesia Raya untuk meningkatkan rasa kebangsaan dan nasionalisme.

“Saya mengharapkan anak-anak tetap semangat belajar demi masa depan meski di tengah keterbatasan, dan semoga para orang tua anak-anak ini juga memberikan dukungan setidaknya 2 kali dalam seminggu selama 2 jam pelajaran,” tambah Zuliana Rahman Hadi.

Sementara itu, penggagas Sekolah Bingkai Jalanan, Hestiana Kiftia Sari mengungkapkan rasa syukurnya atas perhatian dari DWP Setjen DPD RI. Sekolah yang digagasnya ini bermula dari penelitian kuliahnya pada tahun 2012 tentang anak jalanan yang akhirnya mendirikan sekolah anak jalanan di trotoar pinggir jalan dan diberi nama “bingkai jalanan”. Saat ini, anak didik Sekolah Bingkai Jalanan mencapai lebih dari 60 anak dengan usia beragam dari usia 7 tahun hingga 16 tahun dan berlatar belakang pengamen, pengemis jalanan serta yatim piatu.

Baca Juga  Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono Bahas Geostrategi Maluku dengan Pangdam Pattimura

“Semua berawal dari keinginan saya melihat anak-anak jalanan ini mendapatkan hak pendidikan yang sama paling tidak bisa membaca dan menulis. Saat ini kelas ada 4 kali dalam seminggu dan 2 jam pelajaran yang dibantu oleh 3 pengajar inti dan 2 orang mantan anak didik di sini,” ungkap Hestiana yang saat ini berstatus CASN di Sekretariat Jenderal DPD RI.

(mas/eds)