Gubernur Ansar Resmikan Rusun Mako Brimob Polda Kepri

Rusun Mako Brimob Polda Kepri
Rusun Mako Brimob Polda Kepri Abrip Partono, di Mako Brigade Mobil Kepolisian Daerah Kepulauan Riau, Tembesi Kota Batam. (f/biro adpim)

KEPRI, Mjnews.id – Gubernur Ansar Ahmad resmikan Rusun Mako Brimob Polda Kepulauan Riau (Kepri) Abrip Partono, bertempat di Mako Brigade Mobil Kepolisian Daerah setempat, Tembesi Kota Batam, Kamis (29/12/2022).

Rusun Mako Brimob yang diberi nama Abrip Partono, terdiri dari 24 tipe rumah, dimana keberadaannya setara dengan tipe rumah ukuran 36. Rumah tersebut merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Kepri dengan alokasi pagu anggaran sebesar Rp 15 miliar.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Selanjutnya pagu anggaran tersebut dijadikan bangunan 4 lantai yang terdiri dari 3 lantai rusun dan 1 basement sendiri. Anggaran sendiri dilaksanakan selama 2 tahun berturut-turut. Masing-masing tahun 2021 Rp 9,5 miliar dan tahun 2022 Rp 5,5 miliar.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad, dan diteruskan dengan peninjauan rusun, didampingi Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman dan para pejabat utama Polda Kepri.

Menurut Gubernur Ansar, pembangunan rusun oleh Pemerintah Provinsi Kepri, merupakan bagian dari dukungan terhadap pemenuhan sarana dan prasarna kepolisian di Provinsi Kepri. Yang mana alokasinya, diambil dari pagu anggaran 2021, 2022 dan juga 2023.

Baca Juga  Operasi Patuh Candi Polres Kebumen 2022 Dimulai, Berikut Sasaran Prioritas

“Total pagu dukungan anggaran sendiri mencapai Rp 43 miliar, ” jelas Gubernur Ansar.

Dimana, sambung Gubernur Ansar, peruntukan alokasi dukungan tersebut bagi gedung penjagaan Polresta Tanjungpinang sebesar Rp900 juta pada 2021 dan pembangunan gedung layanan terpadu satu pintu sebesar Rp 1,4 miliar pada 2022.

Juga ada dukungan semenisasi peningkatan jalan di perumahan Mapolda Kepri sebesar Rp3,5 miliar tahun anggaran 2023, semenisasi akses jalan Rusun Mako Brimob Rp200 juta tahun anggaran 2022 dan penataan kawasan gereja Mako Brimob juga Rp200 juta.

Berikutnya dukungan pembangunan Gedung Direktorat Kriminal Khusus Polda Kepri tahun anggaran 2022 sebesar Rp9,4 miliar dan pembangunan rusunawa Mako Brimob Polda Kepri sebesar Rp 15 miliar, yang baru saja diresmikan.

Baca Juga  Pimpin Rakor Kepariwisataan, Gubernur Ansar Usahakan Tarik Yacht ke Kepri

Gubernur Ansar juga mengakui, sejauh ini baik Pemprov ataupun Polda terus bersinergi dan berkolaborasi di berbagai kegiatan pembangunan. Seperti pengendalian penanganan pandemi covid-19, dan pengendalian dampak inflasi dari kenaikan BBM.

“Kita juga terus bersinergi dan berkolaborasi dalam pelaksanaan keamanan seperti momentum hari besar keagamaan. Termasuk juga terus bersama-sama menjamin keamanan, termasuk pada wilayah perbatasan dan terluar,” jelas Gubernur Ansar.

Selanjutnya Gubernur Ansar tandatangani prasasti peresmian Rusun Mako Brimob Polda Kepri, disaksikan Kapolda Irjen Aris Budiman dan juga Dansat Brimob Polda Kombes Pol Mohamad Rendra Salipu.

Kapolda Irjen Pol Aris Budiman mengucapkan banyak berterimakasih kepada Gubernur Ansar Ahmad atas nama Pemprov Kepri, yang telah membantu pengadaan kebutuhan dasar berupa perumahan bagi anggota kami.

“Setidaknya, dengan adanya tempat tinggal bagi anggota, maka akan memudahkan setiap personel melaksanakan tugas secara maksimal, guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat,” ucap Kapolda singkat.

(fik/isb)