Gubernur Mahyeldi Wisuda 192 Kelayan UPTD Dinas Sosial Provinsi Sumbar

Gubernur Mahyeldi Wisuda 192 Kelayan UPTD Dinas Sosial Provinsi Sumbar
Gubernur Mahyeldi Wisuda 192 Kelayan UPTD Dinas Sosial Provinsi Sumbar. (f/kominfotik)

PADANG, Mjnews.id – Gubernur Mahyeldi terminasi (wisuda) secara simbolik sebanyak 192 orang kelayan atau disebut siswa, di Auditorium Istana Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (29/12/2022).

Terminasi merupakan tahap akhir dari masa bimbingan sosial dan juga pelatihan bagi para kelayan.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Adapun UPTD di Lingkungan Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat yang mengikuti terminasi, yakni Kelayan PSAABR Budi Utama Lubuk Alung Sebanyak 80 orang, Kelayan PSBR Harapan Padang Panjang sebanyak 100 orang, dan Kelayan PSBN Tuah Sakato Padang Sebanyak 12 orang.

Gubernur juga memuji penampilan tari yang ditampilkan para kelayan, ia juga meminta para kelayan tersebut ikut tampil dalam berbagai acara-acara baik menyambut tamu-tamu dari luar Sumbar maupun acara yang diadakan oleh OPD.

Pemprov melalui OPD Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat sangat mendukung Program Pembangunan Kesejahteraan Sosial yang dilaksanakan oleh Kementerian Sosial RI. Mahyeldi berharap para kelayan dapat hidup mandiri, penuh inovasi dan kreatifitas, serta memberikan kontribusi bagi keluarga dan masyarakat.

Baca Juga  Pensiunan Guru Diminta Kembalikan Gaji Rp 160 Juta, LaNyalla Berharap Suwarti Dapat Keadilan

“Saya juga berharap perhatian Pemerintah Kab/Kota, semua stakeholder terkait untuk memberikan bimbingan lanjut kepada Kelayan yang telah selesai mengikuti pembinaan dan UPTD, dan kiranya dunia usaha mau menerima lulusan UPTD sesuai dengan keahliannya,” imbuh orang nomor satu di Sumbar tersebut.

Setiap UPTD memberikan pelayanan berbeda, tergantung dari kebutuhan setiap UPTD, mulai dari pelayanan rehabilitasi sosial, hingga keterampilan usaha sehingga dapat melaksanakan fungsi sosial dalam kehidupan sehari-hari.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumbar, Arry Yuswandi, menginformasikan Kelayan PSBB Tuah Sakato Padang Sebanyak 12 orang tersebut mempunyai beragam keterampilan seperti massage dan siasu selain itu ada pula keterampilan kerohanian, seperti salah seorang Kelayan bernama Ali Amri, ia sudah hafal 11 Juz Al-Qur’an.

Baca Juga  PTUN Bandar Lampung Putuskan Ijazah Paket B Poniran Tidak Sah, Kepala PKBM Sepakat Ajukan Banding

“Adapun panti yang kami bina, minimal para kelayannya hafal 1 juz Al-Qur’an. Juga terdapat berbagai kegiatan yang disediakan untuk seluruh UPTD tersebut berupa bimbingan sosial, bimbingan mental, bimbingan fisik, dan bimbingan keterampilan usaha/kerja produktif yang dilaksanakan oleh para instruktur,” ujarnya.

Di acara tersebut juga diserahkan bantuan usaha ekonomi produktif berupa toolkits dan sertifikat kepada PSBN, PSBR, dan PSAABR.

(MMC)