Gubernur Sumbar Minta Baznas Optimalkan UPZ

Rakor Daerah Baznas Sumbar
Rapat Koordinasi Daerah Baznas Provinsi dan Baznas Kab/Kota Se-Provinsi Sumatera Barat di Rocky Hotel Padang, Kamis (29/12/2022). (f/kominfotik)

PADANG, Mjnews.id – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi minta agar setiap Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) bisa memberikan pelayanan yang efektif dan efisien dalam pengelolaan zakat dan meningkatkan manfaat zakat untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat.

Demikian Mahyeldi saat buka Rapat Koordinasi (Rakor) Daerah Baznas Provinsi dan Baznas Kab/Kota Se-Provinsi Sumatera Barat di Rocky Hotel Padang, Kamis (29/12/2022).

Mahyeldi berharap para pengurus mampu jalankan fungsi Baznas sebagaimana ranah dari zakat itu sendiri adalah membersihkan, menumbuhkembangkan unsur perekonomian Sumbar.

“Kemudian mampu untuk kembangkan kreativitas dan inovasi, serta memberdayakan masyarakat sehingga mampu meningkatkan kemampuan dari mustahiq dan muzakki,” kata Mahyeldi.

Ketua Baznas RI, KH Noor Achmad yang turut hadir dalam acara pembukaan Rakor Baznas Provinsi Sumatera Barat, menyampaikan ada 4 hal yang menjadi penguatan Baznas, yakni kelembagaan, SDM, infrastruktur, dan dana.

Baca Juga  Kabur 6 Bulan, Buronan Penipuan Uang Sapi Qurban Akhirnya Tertangkap

“Baznas merupakan lembaga pemerintah yang menjadi tanggung jawab bersama, oleh karena itu Baznas harus disokong oleh SDM yang kuat,” ujar Noor Achmad.

Acara pembukaan Rakor Baznas se-Sumatera Barat ini turut dihadiri oleh Ketua Baznas Provinsi Sumatera Barat, para pimpinan Baznas Provinsi Sumatera Barat, serta para pimpinan Baznas Kab/Kota se-Sumatera Barat.

(MMC)