Gubernur Sumbar Minta Fungsi Baznas Dimaksimalkan Turunkan Angka Kemiskinan Ekstrem

Mahyeldi-dalam-Rakernas-Forsesdasi
Gubernur Sumbar, Mahyeldi sampaikan sambutan dalam Rakernas Forsesdasi di Hotel Santika, Kota Padang. (f/kominfotik)

PADANG, Mjnews.id – Forum Sekretaris Daerah se Indonesia (Forsesdasi) selenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Hotel Santika, Kota Padang, Sumatera Barat, Senin (19/12/2022). Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah mengatakan, kemiskinan masih menjadi problem serius yang dihadapi oleh berbagai daerah termasuk berbagai negara di belahan dunia.

Agenda Rakernas Forsesdasi juga membahas isu permasalahan kemiskinan dan kebijakan P3K di daerah. Salah satu indikator dari kemiskinan ekstrem adalah penduduk yang memiliki pendapatan kurang dari Rp11 ribu perkapita/hari. Rata-rata masyarakat dengan status itu adalah kalangan lansia atau disabilitas.

“Ini merupakan tujuan utama kami untuk mengentaskan kemiskinan dan kelaparan dalam agenda pembangunan berkelanjutan,” kata Gubernur Sumbar dalam sambutannya.

Menurut Mahyeldi, sebagian besar lansia dan disabilitas bukanlah merupakan masyarakat yang produktif, sehingga perlu dicarikan solusi, salah satu upaya yang bisa diambil untuk mengentaskan kemiskinan ekstrem tersebut adalah dengan cara sistem subsidi.

“Dalam hal ini peran Baznas sangat dibutuhkan untuk memberikan subsidi, maka lebih pas jika kita memaksimalkan fungsi Baznas, karena warga tidak mampu tersebut termasuk kedalam kategori yang berhak untuk menerima zakat,” ujarnya.

Baca Juga  Mendagri, Wamendagri beserta Pejabat Eselon I Kemendagri Ikuti Penguatan Antikorupsi di KPK

Tingkatkan Peran Baznas

Gubernur Sumbar minta Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota bisa memaksimalkan perannya untuk membantu menurunkan angka kemiskinan ekstrem menjadi nol persen pada 2024.

“Kita telah melakukan koordinasi dan mengsinergikan program dalam menurunkan angka kemiskinan ekstrem dengan Baznas, termasuk dengan BUMD dan BUMN. Insya Allah apa kita harapkan bisa terwujud,” harapnya.