Inspektorat Pasbar Adakan Larwasda dan Penandatanganan Piagam Audit Charter 2022

Piagam Audit Charter 2022
Bupati Hamsuardi tandatangani Piagam Audit Charter 2022. (f/kominfo)

Pasbar, Mjnews.id – Bupati Pasaman Barat (Pasbar), Hamsuardi buka kegiatan Gelar Pengawas Daerah (Larwasda) secara resmi sekaligus Penandatanganan Piagam Audit Charter Kabupaten Pasaman Barat tahun 2022 dan pemasangan pin anti gratifikasi di aula kantor bupati setempat, Jumat (23/12/2022).

Kegiatan yang diadakan Inspektorat ini dihadiri Wakil Bupati Risnawanto, Kepala Inspektorat Pasbar Harisman, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Edy Murdani, dan Kepala OPD Pasbar lainnya serta stakeholder terkait.

Bupati Hamsuardi dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Gelar Pengawasan Daerah dilakukan dalam rangka menyampaikan informasi hasil pengawasan APIP sesuai dengan Program Kerja Pengawasan Tahunan (PKPT) Inspektorat Kabupaten Pasaman Barat yang Berbasis Resiko, mencapai kesamaan pemahaman dan komitmen mengenai tujuan dan sasaran pemerintahan yang bebas dari KKN.

Selain itu lanjutnya, sebagai upaya percepatan penyelesaian tindak lanjut atas temuan Aparat Pengawas Internal Pemerintah yang dilakukan oleh Inspektortat Kabupaten Pasaman Barat, Inspektorat Provinsi Sumatera Barat, BPKP Perwakilan Provinsi Sumatera Barat dan temuan Aparat Pengawas Eksternal yang dilakukan oleh BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Barat.

Baca Juga  Bupati Hamsuardi Lepas Calon Jemaah Haji Pasbar

“Gelar Pengawasan Daerah ini merupakan implementasi dari Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2017 tentang pedoman pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintah daerah. Serta merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020, tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMD) tahun 2020-2024, dalam rangka mengoptimalkan penguatan fungsi pengawasan,” jelas Bupati Hamsuardi.