Istana Pura Mangkunegaran Jadi Cagar Budaya Pertama Gunakan Listrik PLN

Istana-Pura-Mangkunegaran-Surakarta
Istana Pura Mangkunegaran Surakarta, Jawa Tengah. (f/pln)

Surakarta, Mjnews.id – Raja Mangkunegara X, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X ikut berkomitmen Istana dalam mendorong masifnya penggunaan energi bersih. Langkah ini sebagai komitmen mendukung pemerintah dalam transisi energi dan menuju masa depan bumi yang lebih hijau.

Istana Pura Mangkunegaran, Surakarta menjadi cagar budaya pertama yang memakai Renewable Energy Certificate (REC) dari PT PLN (Persero).

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Ia menilai, sebagai pusat kebudayaan, Mangkunegaran juga ingin berkontribusi dalam isu lingkungan. “Kenapa kita melakukan ini, karena Mangkunegaran sebagai pusat budaya harus terus berkembang, salah satunya memperhatikan dan menjawab isu yang berkembang selama ini. Melalui penggunaan energi bersih sebagai sumber energi listrik Istana Mangkunegaran turut berkontribusi dalam pengurangan emisi karbon,” ujar KGPAA Mangkunegara X, Rabu 21 Desember 2022.

Baca Juga  Datang Berkunjung, Puan Sebut Masjid Raya Sheikh Zayed Simbol Persaudaraan Antar-Bangsa

KGPAA Mangkunegara X menilai sebagai warisan cagar budaya, Pura Mangkunegaran tidak hanya berfokus kepada pelestarian kebudayaan tetapi juga kepada pelestarian lingkungan.

Sebagai pusat kebudayaan, Pura Mangkunegaran juga akan menanamkan pesan-pesan penggunaan energi bersih berdampingan dengan pesan pelestarian kebudayaan sehingga masyarakat lebih perhatian terhadap isu lingkungan.

“Ke depan kami berharap akan semakin banyak pihak khususnya dari kalangan anak muda yang peduli dan mendukung gerakan penggunaan energi hijau ini dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari hari. Dan mereka dapat menularkan semangat ini kepada generasi muda lainnya,” ujar dia.

Baca Juga  Danrem Pimpin Acara Tradisi dan Laporan Korps Penyerahan Jabatan Kasrem 071/Wijayakusuma

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo siap mendukung langkah Istana Pura Mangkunegaran untuk menggunakan energi bersih melalui REC. Sebagai dukungan PLN terhadap langkah baik Istana Mangkunegaran, PLN menyerahkan 20 unit REC atau setara dengan 20 MWh listrik bersih.

“Kami siap mendukung langkah baik Kanjeng Gusti untuk membawa Istana beralih ke sumber energi bersih. Istana Pura Mangkunegaran menjadi cagar budaya pertama yang memakai energi REC dari PLN,” ujar Darmawan.