Jalin Kesepakatan Bersama, Pedagang Dukung Revitalisasi Fase VII Pasar Raya Padang

Pedagang Dukung Revitalisasi Fase VII Pasar Raya Padang
Pedagang Dukung Revitalisasi Fase VII Pasar Raya Padang. (f/prokopim)

PADANG, Mjnews.id – Pemerintah Kota (Pemko) Padang menjalin kesepakatan bersama dengan pedagang atau pemilik kios yang berjualan di fase VII Pasar Raya Padang. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kesepakatan dan kebulatan tekad bersama mendukung revitalisasi fase VII Pasar Raya Padang yang saat ini mulai dilaksanakan.

Seperti diketahui, pusat perbelanjaan yang sempat rusak akibat gempa 2009 itu, bakal dibangun ulang menjadi lebih representatif berkat bantuan dana Detail Engineering Design (DED) dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR. 

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Anggarannya diperkirakan mencapai sebesar Rp104 miliar untuk membangun gedung 3 (tiga) lantai disertai 1 (satu) semi basement.

Sebagai tahap awal, Pemerintah Kota Padang akan melakukan relokasi bagi seluruh pedagang di kawasan tersebut.

“Alhamdulillah, hari ini kita jajaran Pemerintah Kota Padang menjalin kesepakatan bersama dengan pedagang fase VII Pasar Raya Padang tentang revitalisasi salah satu pusat perbelanjaan di Pasar Raya Padang tersebut. Kita bersyukur, para pedagang menyambut baik dan menyetujui pembangunan ini,” ungkap Wali Kota Hendri Septa di dalam acara penandatanganan kesepakatan bersama terkait di Gedung Putih Kediaman Resminya, Jumat (2/12/2022) malam.

Baca Juga  Dokter Dian Dukung Atlet Padang Panjang di Pesoda Sumbar 2022

Pada penandatanganan perjanjian kerjasama tersebut, mewakili pedagang fase VII Pasar Raya Padang ditandatangani oleh Ketua Anis Tanjung bersama Sekretaris Yulasmi serta tiga perwakilan pedagangan yakni Zulheri Rani, Rustam dan Arman Sirin.

Hadir mendampingi Wali Kota Padang yakni Sekda Andree Algamar, Kepala Dinas Perdagangan Syahendri Barkah bersama jajaran.

Wako Hendri menyebut, inti dari kesepakatan bersama ini yaitu bagaimana seluruh pedagang atau pun PKL yang berjualan di Fase VII menyatakan setuju mendukung proses revitalisasi fase VII yang akan dilangsungkan dalam waktu dekat.

“Alhamdulillah para pedagang setuju untuk dipindahkan sementara selama proses pembangunan berlangsung. Semuanya akan dipindahkan sementara berjualan di kawasan Pertokoan IPPI samping Balai Kota Padang lama dan juga di Blok II dan Blok III,” sambung orang nomor satu di Kota Padang tersebut.

Baca Juga  Wako Padang Lantik 8 Pejabat Eselon II

Lebih lanjut Wako Padang itu menyebut, adapun untuk pedagang yang akan menempati Fase VII nantinya yaitu bagi pedagang kios sebanyak 288 dan PKL lebih kurang 700-an.

“Semua pedagang kios dan PKL di Fase VII saat ini sudah kita catat nama dan tokonya. Mereka semua kita pastikan akan menempati gedung baru Fase VII setelah selesai revitalisasi nantinya. Setelah bangunan ini selesai tidak ada lagi pedagang baru yang berjualan di sana,” tegasnya 

Putra daerah Kota Padang itu membeberkan bahwa upaya ini merupakan penantian panjang dan angin segar khususnya bagi pedagang yang berjualan di Fase VII. 

“Ini semua lillahi ta’ala dan kita persembahkan untuk Kota Padang. Semoga wajah Pasar Raya akan berubah dan menjadi barometernya pusat perdagangan di Indonesia. Mari kita bersama-sama membantu mewujudkan impian ini,” pungkas Wali Kota milenial itu bersemangat.

(prokopim)