Kadis Kominfo Kabupaten Solok Ikuti Seminar dan Pameran Gerakan Menuju Smart City

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Solok Teta Midra, SSTP, M.Si. mengikuti Seminar dan Pameran Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta Pusat
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Solok Teta Midra, SSTP, M.Si. mengikuti Seminar dan Pameran Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta Pusat, Kamis (1/12/2022). (f/kominfo)

Jakarta, Mjnews.id – Seminar dan Pameran Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) Tahun 2022 diikuti oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Solok Teta Midra, SSTP, M.Si. diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta Pusat, Kamis (1/12/2022).

Dengan Tema “Recover Together, Recover Stronger”, acara forum SPBE dan forum Smart City ini, dilaksanakan guna mendukung pertumbuhan ekonomi berbasis digital yang kolaboratif, inklusif dan berkelanjutan.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Teta Midra pada kesempatan itu, mengatakan partisipasinya hadir dalam kegiatan ini guna mencapai program gerakan menuju Smart City dari Pemerintah Pusat.

Teta sampaikan bahwa Kabupaten Solok sendiri telah memperoleh penghargaan kategori Smart Living pada kegiatan Gerakan Menuju Smart City tahun 2021 yang lalu, melalui program Wisuda Imunisasi (WISI) yang diinisiasi oleh Puskesmas Batu Bajanjang Kecamatan Tigo Lurah.

“Smart Living merupakan salah satu dari enam pilar dalam membangun kota cerdas disamping Smart Governance, Smart Branding, Smart Smart Society, Smart Economy dan Smart Environment,” tuturnya.

Baca Juga  Tak Ingin Hanya Jadi Penonton, Suku Bendang Alahanpanjang Minta Disparbud Bekerjasama

Selanjutnya Teta Midra mengatakan, Pemerintah Kabupaten Solok berkomitmen menjadi daerah yang secara konsisten dan berkesinambungan mewujudkan Kabupaten Solok menjadi salah satu Kabupaten Cerdas di Indonesia. 

”Gerakan Smart City membutuhkan kolaborasi dan kerjasama semua pihak, oleh karenanya dibutuhkan konsistensi dalam mewujudkan apa yang telah dituangkan di dalam rencana induk (master plan) yang telah disusun,” Jelasnya.

Sebelumnya Bambang Dwi Anggoro Direktur e-Gov Kementerian Kominfo mengatakan kegiatan forum SPBE dan forum smart city ini dilaksanakan guna mendorong pengurus asosiasi-asosiasi Kominfo untuk lebih aktif dalam melaksanakan agenda seperti ini guna mewujudkan smart city. 

“Hal yang sangat penting dalam kegiatan ini adalah bagaimana membangun sebuah kolaborasi bersama. SPBE 4.0 yang mengarah pada kerjasama antar instansi pemerintah dengan dunia usaha, akademisi dan stake holder lainnya. Di era kolaborasi 4.0, pemerintah tidak hanya sibuk di internal saja. Prestasi menjadi smart city tidak hanya dibuktikan dengan inovasi-inovasi maupun quicky win yang sifatnya internal, melainkan harus kolaboratif dengan berbagai pihak,” pungkasnya. 

Adapun beberapa narasumber pada seminar yang berlangsung selama dua hari tersebut diantaranya Mitra Star Up Direktorat Ekonomi Digital Dhidik Tri Wibowo SVP Solution-Kecilin.id, Adi Saifullah Putra Founder & CEO Mallsampah, Adiguna Mahendra Chief Al & Innovation Nodeflux.

Baca Juga  Tradisi Nagari Salayo Solok, Kasua Banta Cukuik-cukuik Anak Pisang Diserahkan ke Induk Bako

Selain itu acara juga diisi oleh Pemateri Qlea Roskianda, Data Analytics Senior Tokopedia, Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Koordinasi Penerapan SPBE Kemenpan-RB Cahyono Tri Birowo, Panji Wasmana Director National Technology Officer Microsoft Indonesia serta President Qlue Marya Arvini. 

Turut mendampingi Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Solok, Pranata Komputer Ahli Muda Fitria Fenti, S.Si, M.Cio dan Pranata Humas Ahli Muda Debby Lareta, S.Sos, M.I.Kom.

(sis)