Bola  

Kejutan di Grup E Piala Dunia 2022: Timnas Jepang Sikat La Furia Roja, Jerman Tersingkir

Timnas Jepang Sikat La Furia Roja 2-1
Timnas Jepang Sikat La Furia Roja 2-1. (f/ist)

QATAR, Mjnews.id – Timnas Jepang kembali tampil mengejutkan di Piala Dunia 2022. Setelah mengalahkan Jerman di laga perdana, Jepang juga mengalahkan Spanyol di laga pamungkas penyisihan group, Jumat (1/12/2022) dini hari WIB.

Usai tertinggal 0-1 di babak pertama via Alvaro Morata pada menit ke-10, Samurai Biru (julukan Timnas Jepang) di luar dugaan mampu mencetak dua gol di babak kedua. Adapun gol Jepang dilesatkan oleh Ritsu Doan (48’) dan Ao Tanaka (51’).

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dengan kemenangan itu, Jepang berhasil tembus ke 16 besar Piala Dunia 2022 dengan status juara Grup E, sedangkan Spanyol tetap lolos sebagai runner-up.

Di babak 16 besar, Jepang akan berhadapan dengan Kroasia, sedangkan Spanyol bertemu juara grup F, Maroko.

Jalannya Pertandingan

Begitu pertandingan dimulai, Jepang berusaha untuk menekan pada awal laga. Hiroki Ito kemudian mendapat peluang pada menit kedelapan. Namun, upayanya belum menemui sasaran.

Timnas Spanyol kemudian berhasil memimpin pada menit ke-12. Alvaro Morata sukses mencetak gol melalui tendangannya, memaksimalkan umpan kiriman Cesar Azpilicueta.

Baca Juga  Putra Padang Panjang Ini Turut Bawa Batavia FC Juara Liga 3 DKI Jakarta

Keadaan itu membuat skuad La Furia Roja terus menekan. Mereka lalu nyaris menggandakan keunggulan pada menit ke-22. Sayang, tendangan Morata dapat diamankan kiper Jepang, Shuichi Gonda.

Setelah mendapat tekanan untuk beberapa saat, Jepang mencoba untuk bangkit. Peluang untuk menyamakan kedudukan datang pada menit ke-36. Namun, serangan mereka dapat dihentikan Spanyol.

Spanyol kemudian dapat menguasai bola. Walau demikian, mereka belum bisa memecah pertahanan Jepang. Spanyol pun mengakhiri babak pertama dengan keunggulan tipis, 1-0.

Di babak kedua, begitu paruh kedua dimulai, pelatih Jepang, Hajime Moriyasu membuat perubahan. Dia sedikit merombak pemainnya, termasuk memasukkan Risu Doan untuk menggantikan Takefusa Kubo.

Perubahan itu pun terbukti membuahkan hasil. Karena Jepang sukses menyamakan kedudukan pada menit ke-48. Doan berhasil mencetak gol, dengan tendangan dari luar kotak penalti. Unai Simon berusaha menepisnya, tetapi bola tetap masuk ke gawangnya.

Baca Juga  Sisi Lain Kerusuhan Kanjuruhan, Prajurit TNI AD Selamatkan Personel Polri dan Balita

Tidak lama kemudian, Jepang berhasil berbalik memimpin. Pada menit ke-51, Ao tanaka sukses menjebol gawang Spanyol. Gol itu sempat diperiksa VAR, karena diduga keluar lapangan lebih dulu. Namun, VAR menyatakan gol itu sah.

Tertinggal, Spanyol mencoba untuk bangkit. Pelatih Spanyol, Luis Enrique, menarik keluar Morata dan menggantikannya dengan Marco Asensio pada menit ke-57.

Walau demikian, Spanyol malah terus mengalami kesulitan. Lini tengah mereka kerap disusupi oleh pemain Jepang, yang terus memberikan tekanan dan beberapa kali nyaris menambah keunggulan.

Peluang untuk Jepang sempat didapatkan pada menit ke-70. Kaoru Mitoma memberi umpan kepada Takuma Asano. Hanya saja, sepakannya hanya bisa melebar ke sisi gawang.

Memasuki fase akhir pertandingan, Spanyol terus menyerang. Mereka bahkan nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-89. Namun, sepakan Dani Olmo dapat ditangkap Gonda, dan Jepang pun memenangkan laga dengan skor 2-1.