Kemendagri Dorong Partisipasi Politik Penyandang Disabilitas dalam Pemilu

Suhajar Diantoro pada Lokakarya Wawasan Kebangsaan
Sekjen Kemendagri, Suhajar Diantoro pada Lokakarya Wawasan Kebangsaan dalam rangka Memperingati Hari Disabilitas Internasional yang diselenggarakan di Hotel Balairung, Jakarta, Jumat (2/12/2022). (f/kemendagri)

Jakarta, Mjnews.id – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mendorong partisipasi politik penyandang disabilitas dalam Pemilihan Umum atau Pemilu. Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri, Suhajar Diantoro pada Lokakarya Wawasan Kebangsaan dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional yang diselenggarakan di Hotel Balairung, Jakarta, Jumat (2/12/2022).

“Saya sudah bicara dengan Bapak Presiden Rumah Tunanetra, selama ini, Pemilu misalnya, seberapa besar keterlibatan kawan-kawan untuk aktif dalam Pemilihan Umum, berapa persen kawan-kawan yang datang ke TPS,” katanya.

Suhajar menambahkan, mengingat jumlah penyandang disabilitas yang tak sedikit, partisipasi mereka dalam Pemilu menjadi sangat penting. Apalagi, menggunakan hak suara pada pesta demokrasi dijamin Undang-Undang tanpa melihat latar belakang fisik.

“Ke depan ini harus semakin kita perhatikan, karena jumlah kita (penyandang disabilitas) tidaklah sedikit, jumlah kita cukup banyak. Jadi, dari sisi partisipasi politik ini juga menjadi bagian penting,” cetusnya.

Baca Juga  Mendagri Tegaskan Pembentukan Tiga Provinsi Baru di Papua untuk Percepatan Pembangunan

Untuk itu, kata Suhajar, penyelenggara Pemilu bersama pemerintah juga perlu menjamin kemudahan akses bagi penyandang disabilitas yang ingin menyalurkan suaranya pada pemilu.

“Supaya kawan-kawan yang punya hak pilih itu semakin berpartisipasi, dan kemudian saat mereka menyalurkan hak pilihnya, dia terlayani dengan baik,” ucap Suhajar.

(rel/eki)