Kepala BSKDN Minta Daerah Susun Strategi Bangun Inovasi Berkelanjutan

Penyerahan Hadiah Lomba Inovasi Daerah Provinsi Sumatera Utara 2022
Kepala BSKDN Kemendagri, Yusharto Huntoyungo pada acara Penyerahan Hadiah Lomba Inovasi Daerah Provinsi Sumatera Utara Tahun 2022, Selasa (6/12/2022). (f/kemendagri)

Medan, Mjnews.id – Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Yusharto Huntoyungo meminta pemerintah daerah (Pemda) menyusun strategi untuk membangun inovasi berkelanjutan bagi masyarakat.

Hal ini disampaikannya pada acara Penyerahan Hadiah Lomba Inovasi Daerah Provinsi Sumatera Utara Tahun 2022 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Selasa (6/12/2022).

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Yusharto mengatakan, inovasi merupakan kunci untuk merespons perubahan zaman. Terlebih saat ini masyarakat Indonesia tengah menghadapi situasi yang tidak mudah akibat sejumlah aspek, seperti revolusi industri, kondisi pandemi Covid-19, serta gejolak ekonomi dan politik global. Kondisi ini mengharuskan semua pihak tidak hanya mampu beradaptasi, tetapi juga berinovasi. 

Baca Juga  Dewan Pers Proses Laporan Pemkab Nias Barat Atas Pemberitaan Salah Satu Media

Yusharto menambahkan, saat ini pemerintah dituntut untuk berkontribusi dalam pemulihan ekonomi baik di level pusat maupun daerah. Menurutnya, kontribusi tersebut dapat dimulai dengan menciptakan inovasi sekecil apa pun, asalkan membawa dampak baik untuk masyarakat. 

“Daerah perlu secara terus menerus menyusun strategi agar inovasi yang dihadirkan dapat terus memberikan manfaat yang optimal dan berkelanjutan bagi masyarakat,” jelasnya. 

Di sisi lain, Yusharto mengatakan, keberadaan inovasi daerah membutuhkan dukungan dari berbagai aspek meliputi kepemimpinan, serta kapasitas, dan kompetensi kelembagaan. Tak hanya itu, dibutuhkan pula sumber daya serta lingkungan yang mendukung budaya organisasi yang tangguh, adaptif, dan fleksibel.

Baca Juga  Kemendagri Tegaskan Pj Gubernur Aceh Bukan Perwira TNI Aktif

Dalam kesempatan tersebut, Yusharto juga mengapresiasi Pemerintah Provinsi Sumut atas upayanya dalam menumbuhkan budaya inovasi melalui kompetisi dan penghargaan kepada inovator.

“Kami apresiasi upaya yang dilakukan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Melalui lomba ini (Lomba Inovasi Daerah Provinsi Sumatera Utara), diharapkan akan tercipta ekosistem inovasi yang berkelanjutan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi di daerah,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengamini pentingnya inovasi dalam mendukung kerja pemerintah. Pihaknya terus mendukung tumbuhnya berbagai inovasi yang dilahirkan oleh semua pihak.

(rel/eki)