Kereta Api Wisata Mak Itam Kembali Beroperasi di Kota Sawahlunto

Erick Thohir resmikan pengoperasian kembali Kereta Api Wisata Mak Itam
Menteri BUMN, Erick Thohir resmikan pengoperasian kembali Kereta Api Wisata Mak Itam di Kota Sawahlunto. (f/fidel)

SAWAHLUNTO, Mjnews.id – Menteri BUMN, Erick Thohir bersama Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy, Walikota Sawahlunto, Deri Asta SH, Anggota Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade, Deputy Bidang SDM & TI Kementerian BUMN Teddy Barat, serta seluruh stakeholder terkait, menyaksikan pengoperasian kembali KA Wisata Mak Itam di Stasiun Sawahlunto, Selasa (20/12/2022).

Kereta wisata Mak Itam kembali beroperasi, setelah terhenti beroperasi sejak 2014. 

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pengoperasian kembali KA Wisata Mak Itam ini dapat terlaksana, berkat adanya kolaborasi antar BUMN seperti KAI, Biofarma, Pupuk Indonesia dan Semen Indonesia serta ada pula Injourney yang berperan sebagai Ketua Project Management Office BUMN untuk Pariwisata Sumatera Barat.

Peresmian pengoperasian kembali KA Wisata Mak Itam di jalur kereta api Sawahlunto – Muaro Kalaban ini, sebagai upaya untuk meningkatkan pariwisata di Sumatera Barat, khususnya di Kota Sawahlunto.

Baca Juga  Gubernur Mahyeldi Wisuda 192 Kelayan UPTD Dinas Sosial Provinsi Sumbar

Mulai saat ini, masyarakat dapat berwisata dengan menggunakan kereta api di kota yang telah ditetapkan sebagai Warisan Dunia Unesco atau Situs Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto.

Proyek yang didukung oleh Pupuk Indonesia, Biofarma, dan SIG dalam bentuk kerjasama dengan KAI sehingga ketiga BUMN tersebut mendapatkan hak untuk pemberian nama pada stasiun dan kereta api di wilayah ini.

Untuk nama resmi pada stasiun Sawahlunto, menjadi Stasiun Sawahlunto Biofarma, Stasiun Muarokalaban menjadi Stasiun Muarokalaban Pupuk Indonesia dan KA Wisatanya sendiri memiliki nama KA Wisata.

Sementara itu, kedatangan Menteri BUMN Erick Tohir ke Kota Sawahlunto, selain dalam rangka meresmikan reaktivasi atau pengoperasian kembali kereta api wisata, Menteri BUMN Erick Tohir dan rombongan juga berkesempatan melihat dan berdialog langsung dengan para pelaku UMKM Kota Sawahlunto.

Baca Juga  Respon Kenaikan Harga BBM, Gubernur Sumbar Dorong Percepatan Realisasi APBD

Kehadiran Menteri BUMN Erick Tohir dalam mendukung UMKM Sawahlunto, dapat dimanfaatkan atas imbas naiknya kunjungan wisatawan dengan aktifnya kembali Kereta Api Wisata Mak Itam di Kota Wisata Sawahlunto.

“Saya pahami, tentunya dengan memanfaatkan momentum ini, UMKM Kota Sawahlunto dapat bangkit dan bertumbuh-kembangnya para pelaku UMKM melalui hadirnya beberapa BUMN. BUMN telah hadir untuk itu, dengan menyiapkan sejumlah program untuk membantu berkembangnya UMKM. Saya persilahkan segera manfaatkan kesempatan ini,” pungkas Menteri BUMN Erick Tohir mengakhiri.

(Fd/Yung)