Keruk Sedimen Sungai Banda Jati, Wako Padang: Terima Kasih BWS Sumatera V!

Wali Kota Padang, Hendri Septa tinjau pengerukan sedimen di sepanjang sungai Banda Jati
Wali Kota Padang, Hendri Septa tinjau pengerukan sedimen di sepanjang sungai Banda Jati. (f/prokopim)

PADANG, Mjnews.id – Dinas PUPR didukung Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V keruk sedimen di sepanjang aliran sungai Banda Jati, Kelurahan Ganting Parak Gadang, Kecamatan Padang Timur.

Permasalahan genangan air yang terjadi di beberapa titik di Kota Padang terus diupayakan solusinya oleh Pemerintah Kota. Pengerjaan pengerukan tersebut sudah dimulai sejak 28 November yang lalu dan diperkirakan selesai pada 19 Desember 2022 mendatang.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dua unit kendaraan eskafator mini milik BWS Sumatera V pun dikerahkan untuk melakukan pengerukan di sungai Banda Jati sepanjang 750 meter itu.

Baca Juga  Meriahkan HUT Sumbar ke-77, SMAN 1 Gelar Lomba antar Sekolah se Cabdin Solok Raya

“Atas nama Pemerintah Kota Padang, kita sangat berterima kasih sekali kepada BWS Sumatera V yang ikut mendukung dalam upaya penanganan genangan air di Kota Padang. Dimana hal ini melakukan pengerukan sedimen di sepanjang Banda Jati ini. Alhamdulillah, baru beberapa hari pengerjaan progresnya sudah terasa. Biasanya aliran air di sini tersumbat karena banyaknya sedimen, sekarang sudah mengalir lancar,” ungkap Wako Hendri saat meninjau pengerjaan pengerukan, Jumat (2/12/2022) sore.

Lebih lanjut Wako berharap, dengan upaya ini selain menciptakan sungai yang sehat dan bersih juga dapat mencegah timbulnya genangan air.

Baca Juga  Kloter Terakhir Jemaah Embarkasi Padang Berangkat Berpakaian Ihram

“Semoga hal ini bermanfaat bagi masyarakat, sekaligus mencegah timbulnya genangan air yang sebelumnya kerap melanda kawasan ini,” tukas Wako Hendri didampingi Kepala Dinas PUPR Tri Hadiyanto saat itu.

Dalam kesempatan itu terlihat Kepala Satker Operasi dan Pemeliharaan SDA BWS Sumatera V Aditya Waskito beserta tim, Camat Padang Timur Siska Meilani, Ketua Forum Komunitas Peduli Sungai (FKPS) Kecamatan Padang Timur Zulbahri bersama pengurus dan unsur Forkopimca di kecamatan setempat.

(prokopim)