Komisi III DPR RI Apresiasi Kinerja Kemenkumham DKI Jakarta Khususnya Lapas/Rutan dan Imigrasi

Komisi III DPR RI
Komisi III DPR RI Apresiasi Kinerja Kemenkumham DKI Jakarta Khusus Lapas/Rutan dan Imigrasi. (f/kemenkumham)

JAKARTA, Mjnews.id – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) melakukan Kunjungan Kerja Reses Masa Persidangan II Tahun 2022-2023 ke Kantor Wilayah (Kanwil) Kementarian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DKI Jakarta, Kamis (15/12/2022). 

DPR RI melalui Komisi III (Bidang Hukum, HAM, dan Keamanan) memiliki kewenangan untuk melakukan pengawasan terhadap kinerja Lembaga pemerintahan, salah satunya adalah pengawasan terhadap kinerja Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta. 

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dalam kunjungan ini Komisi lll meminta penjelasan terkait pelaksanaan anggaran, pengawasan terhadap Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Rumah Tahanan Negara (Rutan), peningkatan kualitas layanan paspor di Kantor Imigrasi, Hukum dan Hak Kekayaan Intelektual serta fungsi Keimigrasian dalam mengantisipasi permasalahan orang asing.

Ketua Tim Kunjungan Kerja Komisi lll DPR RI, Ahmad Sahroni, menjelaskan pengawasan Komisi III DPR merupakan tugas konstitusional. Dimana Kunjungan Kerja itu merupakan bagian dari rapat dengar pendapat dengan berbagai Lembaga Pemerintah. 

Dalam kunjungan ini, para Anggota Komisi lll DPR memberikan apresiasi atas kinerja Jajaran Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta dan memberikan masukan-masukan agar pelayanan di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta dapat ditingkatkan lagi.

Baca Juga  Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, LaNyalla Ungkap Hilangnya Pancasila sebagai Norma Fundamental

Arteria Dahlan selaku Anggota Komisi lll DPR RI menyoroti tentang Lapas/Rutan di Wilayah DKI Jakarta. Ia mengatakan, menjadi seorang petugas Pemasyarakatan di Lapas maupun Rutan tidak lah mudah.

Bayangkan, Petugas Pemasyarakatan dituntut untuk memberikan pembinaan baik itu kepribadian dan kemandirian bagi warga binaan (Narapidana)/ anak didik untuk menjadi manusia yang lebih baik. Dalam hal ini juga melakukan bimbingan sosial/kerohanian, serta menjaga keamanan dan tata tertib.

“Semua orang yang dikurung di Lapas/Rutan itu adalah orang-orang yang bermasalah dengan latar belakang kasus-kasus yang berbeda. Jadi kalau tidak rusuh aja didalam Lapas/Rutan itu sudah sangat luar biasa. Jadi sayangilah Pejabat dan Pegawai Lapas/Rutan kita ini, karna kerja mereka itu tidak mudah,” katanya.

Lebih lanjut, Sahroni, juga mengapresiasi pelayanan para Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) di Lingkungan Kemenkumham DKI Jakarta. “Semuanya Kakanim di Jakarta ini ramah-ramah banget dan tidak sombong begitu juga jajaran di bawahnya khususnya dalam memberikan,” pungkasnya.

Baca Juga  Ketua DPD RI Berharap BLT UMKM Dilanjutkan di 2022

Kunjungan kerja Komisi lll DPR ini disambut baik oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham DKI Jakarta, Ibnu Chuldun, beserta Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil dan 27 Kepala Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta.

Ibnu mengatakan, pihaknya akan terus melakukan upaya untuk meningkatkan layanan publik, baik di Pemasyarakatan maupun Keimigrasian. Dalam hal ini, berkomitmen menjaga kerjasama dengan instansi terkait untuk mewujudkan layanan prima bagi masyarakat.

Dalam giat ini, Kakanwil juga menyampaikan aspirasi terkait sarana dan prasana Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta untuk dapat terpenuhi sehingga bisa menyokong kinerja yang lebih baik.

Komisi III DPR RI pun bersedia membantu dan mendukung penuh dalam penyediaan anggaran serta sarana prasarana bagi Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta.

(bs)