Kompetisi Gadih Marandang 2022, Ajang Promosi Wisata dan Ekonomi

Kompetisi Gadih Marandang 2022
Pembukaan Kompetisi Gadih Marandang 2022. (f/amc)

Tanjung Raya, Mjnews.id – Bupati Agam melalui Asisten II, Ir Jetson, MT buka Kompetisi Gadih Marandang, Minggu, (18/12/2022) di Linggai Park. Kompetisi ini merupakan sebuah usaha mempromosikan sektor kepariwisataan Kabupaten Agam, khususnya Danau Maninjau.

Selain itu, kompetisi memasak ala masyarakat Minang ini juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Menurut bupati, kegiatan ini merupakan langkah strategis bagi pemerintah daerah. Pasalnya, selain merawat tradisi, kegiatan ini juga upaya menggerakan sektor pariwisata dan perekonomian.

Baca Juga  Pelantikan Pengurus LKAAM Pasbar, Baharuddin R Tuo Malin Jadi Ketua

“Kegiatan ini merupakan potensi besar yang dapat kita manfaatkan untuk mengairahkan dunia pariwisata sekaligus perekonomian warga,” katanya.

Daya tarik wisata dari kegiatan ini sebut bupati, terletak pada komposisi rendang yang diperlombakan yakni pakis dan pensi. Dikatakan, kedua bahan pokok ini merupakan sumber daya endemik kawasan maninjau.

Baca Juga  Di Rapat Koordinasi Pengawas Koperasi, Gubernur Sumbar Instruksikan RAT Dua Kali Setahun

“Menariknya, para peserta adalah generasi muda se-Sumatera Barat yang mengenakan pakaian adat khas daerah masing -masing,” ucapnya.

Bupati berharap, kegiatan ini dapat menjadi event tahunan pemerintah daerah. Menurutnya, event semacam ini dapat mengembalikan Danau Maninjau ke masa kejayaannya.

“Mari kita sama-sama menggairahkan kembali pariwisata Danau Maninjau yang sempat redup setelah badai pandemi Covid-19,” ujarnya.