Kota Pariaman Deklarasi ODF 100 Persen, Ini Harapan Gubernur Sumbar

Deklarasi-ODF-100-Persen
Gubernur Sumbar, Mahyeldi saat Deklarasi ODF 100 Persen di Kota Pariaman. (f/kominfotik)

PARIAMAN, Mjnews.id – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi meresmikan Kota Pariaman sebagai Kota Open Defecation Free (ODF) dalam acara Deklarasi ODF Kota Pariaman atau Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stops BABS), di Pantai Gandoriah Kamis (22/12/2022).

Pada 2022 ini, merupakan pencapaian besar bagi Sumatera Barat, bahwasanya terdapat 4 Kabupaten/Kota yang mencapai ODF.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Gubernur mengatakan, saat ini Pemprov Sumbar tengah mendorong seluruh Kabupaten/Kota menuju daerah yang ODF, termasuk Kota Pariaman. Oleh sebab itu Pemprov Sumbar kini tengah fokus melaksanakan perbaikan fasilitas masyarakat terutama pencegahan wabah penyakit, lingkungan hidup, dan penanganan masalah sampah.

Baca Juga  Wako Pariaman Terima CSR Pendidikan Bank Nagari

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Kota Pariaman yang begitu serius dalam penanganan kesehatan masyarakat. Saya harap Kab/Kota lainnya dapat meniru Kota Pariaman, disebabkan di Sumbar masih terdapat beberapa titik daerah kumuh yang perlu diperbaiki agar keperluan dan kebutuhan masyarakat dapat dimaksimalkan,” ujar gubernur.

“Kota Pariaman bisa menjadi percontohan bagi daerah lain karena saat ini baru ada 4 kabupten/kota yang ODF 100 persen di Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022. Kita akan terus dukung agar kabupaten/kota lainnya juga ODF, “ lanjut gubernur.

Baca Juga  Rangkaian HUT Dharmasraya Sukses, Bupati Sutan Riska Ucapkan Terima Kasih

Disamping itu Gubernur menyampaikan terdapat tiga kiat untuk mendorong sebuah Kota menjadi Kota berstandar internasional, salah satunya adalah angkutan publik.

“Saat ini Pemprov Sumbar akan menjadikan Kereta Api Indonesia (KAI) menjadi angkutan umum baik dalam kota maupun di luar kota,” tambah gubernur.