Kunjungan Kerja ke Bukittinggi, Pemprov dan DPRD Sulawesi Barat “Angkat Topi”

Pemprov dan DPRD Sulawesi Barat kunjungan kerja ke Pemko Bukittinggi
Pemprov dan DPRD Sulawesi Barat kunjungan kerja ke Pemko Bukittinggi. (f/siti aisyah)

Bukittinggi, Mjnews.id – Pemerintah Provinsi bersama DPRD Sulawesi Barat kunjungan kerja ke Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi. Rombongan Gubernur dan Ketua DPRD Sulbar diterima Wali Kota melalui Sekda di Balaikota Bukittinggi, Selasa 20 Desember 2022.

Pj Gubernur Sulawesi Barat, Akmal Maliq, menjelaskan, kunjungan kerja ini dilakukan untuk mempelajari bagaimana program-program Pemko Bukittinggi dalam menjalankan pemerintahan. Dan Bukittinggi banyak potensi sumber daya, wisata alam dan kuliner.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Bagaimana pemerintah mengoptimalkan potensi-potensinya menjadi pendapatan daerah dan bagaimana upaya mengelolanya. Banyak hal bisa kita replikasi nanti di Sulbar dan terima kasih atas sambutan dari Pemko Bukittinggi atas kunjungan kami ini,” ungkapnya.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, melalui Sekda Martias Wanto, menjelaskan, Bukittinggi merupakan kota dengan luas 25 km². Di bawah kepemimpinan Wali Kota Erman Safar dan Wakil Wali Kota Marfendi, Kota Bukittinggi diarahkan untuk memprioritaskan peningkatan dan penyelamatan ekonomi kerakyatan. Tahun 2022 dan 2023 tidak banyak anggaran untuk pembangunan fisik, namun anggaran ditujukan untuk pembangunan non fisik dan ekonomi masyarakat.

Baca Juga  Berkunjung ke Medan, Komite IV DPD RI Berharap OJK Bisa Dorong Tumbuhnya LKM

“Saat ini sudah dijalankan Tabungan Utsman untuk menyelamatkan warga, khususnya dari pedagang usaha mikro dari jeratan rentenir. Tabungan Utsman menjadi inovasi Pemko bersama BUMD BPR Syariah Jam Gadang, yang membantu permodalan para pedagang. Mekanisme murni dengan prinsip perbankan, namun margin dari pinjaman dibayarkan oleh pemerintah. Saat ini sudah hampir 2000 warga yang memanfaatkan Tabungan Utsman, dengan realisasi APBD Rp 2,5 milyar lebih dengan dana pinjaman Rp 14,5 milyar,” jelas Martias Wanto.

Baca Juga  Peringati HDKD Tahun 2021, Lapas Kelas IIA Bukittinggi Gelar Donor Darah

Selain itu, Wako juga memprioritaskan untuk penambahan muatan lokal untuk pelajar SD dan SMP negeri se Kota Bukittinggi. Lima muatan lokal itu, Budaya Alam Minangkabau, Fiqih, Sejarah Islam, Bahasa Arab, Aqidah Akhlaq. Kemudian juga diprogramkan satu kelurahan satu rumah tahfiz. Selain itu, Wako juga telah menginisiasi penggratisan dan subsidi uang komite untuk pelajar SMA se Bukittinggi.