Luar Biasa! IGTKI Kecamatan Lima Kaum Gelar Pentas Seni secara Swadaya

Eka Putra buka Pentas Seni yang diadakan IGTKI Kecamatan Lima Kaum
Bupati Tanah Datar, Eka Putra buka Pentas Seni yang diadakan IGTKI Kecamatan Lima Kaum secara swadaya. (f/prokopim)
 

Tanah Datar, Mjnews.id – Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Kecamatan Lima Kaum gelar Pentas Seni TK se Kecamatan Lima Kaum, dibuka Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM pada Selasa (6/12/2022) di Gedung Nasional Maharajo Dirajo Batusangkar.

Pentas seni tersebut mengambil tema “Melalui pentas seni guru dan peserta didik dapat berkreasi, berinovasi dan berkolaborasi demi terbentuknya karakter dan jati diri sebagai bangsa Indonesia yang berjiwa patriotisme dalam bingkai adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah”.

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Hadir Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Datar Riswandi, Camat Lima Kaum Irwan beserta Forkompimca kecamatan Lima Kaum, Pengawas TK SD, Kepala Sekolah TK se Kecamatan Lima Kaum, dan undangan lainnya. 

Bupati Eka Putra, dalam sambutannya saat membuka acara ini menyampaikan ucapan terima kasih IG TKI Kecamatan Lima Kaum karena telah mampu menginisiasi kegiatan pentas seni yang sangat luar biasa ini. 

“Melalui kegiatan seperti ini, tentunya akan menjadikan anak-anak kita mengetahui tentang pembelajaran kebudayaan dan seni. Dan kami Pemerintah Daerah berharap kegiatan seperti ini bisa terus dipertahankan karena mampu mendidik anak-anak tentang bagaimana adat dan kebudayaan kita mulai dari usia dini,” ujar Bupati. 

Baca Juga  Pemkab Tanah Datar Pusatkan Shalat Idul Fitri 1443 H di Lapangan Gumarang

Pada kesempatan itu, Bupati Eka Putra juga berpesan kepada seluruh murid TK se Kecamatan Lima Kaum yang hadir memenuhi Gedung Nasional Maharajo Dirajo Batusangkar agar selalu menjadi anak yang baik, jujur dan berani. 

“Saya doakan anak-anak tambah pintar, sukses meraih cita-citanya kelak dan yang paling penting anak-anak harus patuh dan sayang kepada orang tua dan juga kepada gurunya,” pungkas Eka Putra. 

Sementara Bunda PAUD Kabupaten Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan pentas seni ini merupakan yang pertama dilakukan pasca pandemi Covid-19 yang melanda negeri ini. 

“Di depan kita anak-anak ini sekian tahun yang akan datang merekalah yang akan menggantikan posisi kita menjadi pemimpin dan berbagai profesi lainnya, untuk itu mudah-mudahan kita bisa mendidik mereka menjadi apapun sehingga mereka bisa berguna bagi bangsa dan negara ini, menjadi pribadi yang tangguh, berkarakter dan cerdas,” ujarnya. 

Ketua IG TKI Lima Kaum Fitriani dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Pentas Seni Taman Kanak Kanak se Kecamatan Lima Kaum ini merupakan program kerja IG TKI kecamatan Lima Kaum tahun 2022 yang bertujuan mengenalkan budaya bangsa kepada anak-anak, khususnya budaya daerah serta menanamkan kecintaan kepada anak-anak kita sejak usia dini.

Baca Juga  Ini Pesan Wagub Sumbar saat Kunjungi Purnawiyata SMA di Padang

Kita berharap, ragam budaya daerah dapat terus dilestarikan sehingga dari generasi ke generasi budaya daerah sekitar tidak akan hilang ditelan putaran masa. 

Dia juga mengatakan kegiatan ini diawali dengan pawai budaya yang diikuti oleh sekitar 800 orang murid dari 20 TK yang ada di kecamatan Lima Kaum. “Adapun pawai tersebut menampilkan berbagai kegiatan kebudayaan diantaranya pawai ma’arak anak, manujuh bulanan dan lain sebagainya,” ujar Fitriani. 

Lanjut Fitriani, kegiatan pentas seni ini juga terlaksana secara mandiri dengan pembiayaan yang bersumber dari iuran para orang tua wali murid. 

Selain itu, Fitriani juga melaporkan bahwa saat ini jumlah guru TK di kecamatan Lima Kaum sebanyak 112 orang dan yang berstatus sebagai PNS hanya berjumlah 26 orang, sementara sisanya masih berstatus sebagai guru honorer.

(prokopim)