Malang Melintang di Dunia Pendidikan, Mantan Wartawan Ini Calonkan Diri di Dapil 3 Padang Pariaman

Bay Kati bersama tim penilaian sekolah
Bay Kati bersama tim penilaian sekolahnya. (foto.dok)

Padang Pariaman, Mjnews.id – Bay Kati, AMd, putra Koto Bangko Nagari Sungai Geringging, melihat dalam perjalanan hidupnya, dia merupakan cerdas dan keras.

Laki laki kelahiran 8 Mei 1963 ini mengawali karirnya sebagai seorang jurnalis (wartawan) di era Bupati Padang Pariaman dijabat H. Anas Malik. Pada tahun 1993 lolos menjadi Pegawai Negeri Sipil Kota Pariaman. 

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Bay Kati dalam bincang bincang dengan media Sabtu (10/12/2022) mengatakan, pada tahun 1994 pindah ke kampung halaman MTsN Sungai Geringging langsung diberi jabatan wakil kepala sekolah. 

Setelah itu pada tahun 2010 ditugaskan memimpin Yayasan Pendidikan Nurul Ihsan milik sendiri sebagai PNS di MTsS Durian Ajung yang diperbantukan.

Pengabdian Alumni FPIPS IKIP Padang 1990 ini di dunia pendidikan makin leluasa. Dua tahun setelah itu didirikan pula Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Durian Ajung satu atap. Tamatan MTsS Durian Ajung bisa diterima tingkat SLTA pada MAS Durian Ajung. 

Baca Juga  Wabup Harapkan Pj Wali Nagari Malai V Suku Sukseskan Pilwana Serentak

Belum puas sampai di situ, pada 2010 mulai pula merintis mendirikan PAUD kini sudah ada 7 sekolah Pendidikan Usia Dini (PAUD) yang didirikan Bay Kati. Kemudian Raudhatul Athfal (RA) didirikan dan dibina 3 kecamatan. 

Pada bulan Mei 2023, Insya Allah memasuki usia pensiun dan maju menjadi Caleg DPRD Kabupaten Padang Pariaman dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Karir sebagai wartawan Harian Singgalang 1985-2008, setelah itu Harian Haluan 1988-1990, kemudian Koresponden Waspada Medan Sumbar 1989-1991.

Masa Bupati Anas Malik sudah menjadi wartawan biasa bersama Indra Sakti, Suardi Aminsyah Koto, Suardi Chaniago, Khairil Amri masa Kabag Humas Mukhlis Rahman.

Kata Bay Kati pernah juga menjadi Calon Wali Nagari tapi kalah oleh lawannya. “Mudah-mudahan di Caleg umur yang tersisa ini masih bisa memperjuangkan aspirasi masyarakat pada Dapil 3,” tekadnya.

Baca Juga  Hujan Seharian, Ruas Jalan Koto Mambang - Malalak Tertimbun Longsor

“Kalau ambo lolos di Caleg Februari 2024 dan langsung di gedung DPRD Padang Pariaman. Tentu akan lebih besar lagi bisa memperjuangkan aspirasi masyarakat dalam membangun kampung halaman,” ujar Bay Kati mengakhiri pembicaraannya.

(Tka)