Pangdam V Brawijaya Tinjau Lokasi Bencana dan Pengungsi Pascaerupsi Gunung Semeru

Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Nurchahyanto Tinjau Lokasi Bencana dan Pengungsi Pascaerupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur
Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Nurchahyanto Tinjau Lokasi Bencana dan Pengungsi Pascaerupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. (f/pendam)

Lumajang, Mjnews.id – Terdampak pasca terjadinya bencana alam erupsi Gunung Semeru pada tanggal 4 Desember 2022 di Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, banyak masyarakat yang mengungsi. Untuk itu, Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Nurchahyanto, M.Sc., bersama Gubernur Jawa Timur Ibu Khofifah Indar Parawansa dan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Dr. Toni Harmanto, M.H. melakukan kunjungan kerja dalam rangka meninjau lokasi bencana, Senin (5/12/2022). 

Dalam kegiatan tersebut, Pangdam V/Brawijaya meninjau secara langsung situasi dan kondisi lokasi bencana alam serta memastikan keberadaan personel baik dari TNI-Polri, unsur Pemerintah Daerah Kab. Lumajang, BPBD, BMKG serta Basarnas dalam penanganan dan penanggulangan bencana alam erupsi Gunung Semeru di Kab. Lumajang. 

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Kehadiran saya disini ingin mengetahui secara langsung situasi dan kondisi wilayah terdampak bencana alam pasca terjadinya erupsi gunung Semeru,” terang Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Nurchahyanto, M.Sc. 

Pangdam V/Brawijaya menegaskan guna percepatan penanganan bencana erupsi Gunung Semeru di Kab. Lumajang agar seluruh instansi/satuan terkait selalu berkoordinasi secara ketat dan dapat menerapkan prosedur tetap penanggulangan Bencana yang sudah ada dengan sebaik-baiknya. 

Baca Juga  Kodim 0709 Kebumen Selesaikan 654 Closet Bantu Warga Kurang Mampu

“Saya sudah memerintahkan Dandim Lumajang dan Dandim Malang agar terus berkordinasi secara ketat dengan pemerintah daerah, baik instansi maupun satuan terkait di wilayah serta melaksanakan segala prosedur dalam penanggulangan bencana alam erupsi gunung Semeru. Termasuk mengantisipasi adanya bencana susulan,” tegasnya. 

Mayjen TNI Nurchahyanto, M.Sc., juga meninjau secara langsung masyarakat pengungsi, Posko Bencana dan Dapur Umum di Lapangan Desa Candipuro dan Balai Desa Penanggal, Kecamatan Candipur, Kabupaten Lumajang serta menyerahkan bantuan berupa 270 paket bahan pokok makanan kepada masyarakat, dengan harapan dapat membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana alam erupsi Gunung Semeru. 

“Saya mengharapkan kepada seluruh personel di lokasi bencana dapat membantu meringankan dan mengatasi segala kesulitan masyarakat yang terdampak bencana alam erupsi gunung Semeru di Kabupaten Lumajang,” tandasnya.

Korem 083 Baladhika Jaya Kirim Bantuan Logistik

Korem 083 Baladhika Jaya Kirim Bantuan Logistik
Korem 083 Baladhika Jaya Kirim Bantuan Logistik. (penrem)

Sementara itu, pihak Korem 083/Baladhika Jaya melakukan pengiriman bantuan logistik bagi warga terdampak erupsi di Lumajang, Jawa Timur. 

Baca Juga  Siswa SD Pariaman Timur Study Lapangan ke Mako Lantamal II Padang

Diketahui, hari Minggu kemarin Gunung Semeru kembali mengeluarkan asap panas guguran. Akibat kejadian itu, warga pun dievakuasi oleh aparat gabungan yang terdiri dari TNI, Polri dan BPDB setempat. 

“Pengiriman logistik ini berupa sembako. Sembako ini kita kirim langsung ke posko bencana yang ada di Balai Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro,” kata Kepala Staf Korem, Letkol Inf Akmad Juni Toa, Senin (05/12/2022) sore.

Beruntung, kata Kasrem, langkah cepat dari aparat gabungan ketika terjadinya asap panas guguran, tak mengakibatkan korban jiwa. “Semua warga langsung dievakuasi,” jelasnya.

(pendam/penrem)