Panti Asuhan Al-Ikhlas Muara Kiawai Adakan Sunatan Massal

sunat massal
Wakil Bupati Pasaman barat, Risnawanto hadiri sunat massal di Panti Asuhan Al-Ikhlas Nagari Muara Kiawai, Kecamatan Gunung Tuleh. (f/kominfo)

Pasbar, Mjnews.id – Wakil Bupati Pasaman Barat (Pasbar), Risnawanto didampingi Kepala Dinas Sosial Hermanto, Camat Gunung Tuleh M. Ghor beserta Pengurus PMI Kabupaten Pasaman Barat menghadiri Sunatan Massal se-Kenagarian Muara Kiawai yang diselenggarakan oleh Panti Asuhan Al-Ikhlas, Selasa (27/12/2022) di Jorong Kartini.

Wabup Risnawanto menyampaikan khitan adalah salah satu bagian dari syariat agama Islam dan wajib hukumnya bagi anak laki-laki. Dari pandangan agama, fungsi dari khitan adalah mempermudah dan mempercepat proses pembersihan fisik sebagai salah satu syarat sahnya ibadah.

“Dengan khitan massal ini sangat bermanfaat untuk mendidik anak-anak agar berperilaku hidup bersih dan sehat. Jadi, khitan tak sekadar anjuran agama tapi memang dari sisi kesehatan juga memiliki banyak manfaat,” tambahnya.

Ketua Yayasan Panti Asuhan Al-Ikhlas Muara Kiawai, Zubir mengungkapkan masyarakat sekitar sangat antusias berdatangan sejak pagi hari. Dari 20 anak lebih, yang disunat hingga siang hari itu berjumlah 8 orang anak. Ia menjelaskan, panitia sunat massal akan mengupayakan seluruh pendaftar bisa mendapatkan pelayanan dengan baik.

Baca Juga  Maklumat Pengurus Masjid Nurul Falah di Purworejo soal Penggunaan Microphone Jadi Perbincangan Warga

“Sejak pagi tadi masyarakat sudah antusias datang untuk mendaftarkan anak-anaknya. Total hingga siang ini sudah kita sunat 8 anak, masih ada 20 anak yang sudah terdaftar,” ujarnya.

PMI Kabupaten Pasaman Barat turut menyerahkan bantuan kepada pengurus yayasan berupa 100 kg beras yang diserahkan langsung oleh Wabup Risnawanto yang juga merupakan ketua PMI Pasbar.

(wal)