Pemilihan Ketua RW 014 Taman Kencana Jakbar Berjalan Sukses, Tapi Menuai Protes

Pemilihan Ketua RW 014 Taman Kencana Jakbar
Pemilihan Ketua RW 014 Taman Kencana Jakarta Barat. (f/eki)

JAKARTA, Mjnews.id – Pemilihan Ketua Rukun Warga atau RW 014 masa bakti 2022 – 2027 di Taman Kencana, Jakarta Barat, berjalan sukses. 

Pemilihan Ketua RW 014 tersebut digelar di Gedung Interaktif, Taman Kencana, Jakarta Barat pada Sabtu 10 Desember 2022 malam. 

ADVERTISEMENT

1672718317 zd2LclJzIi3V8sEfHHWPFagJbbGo8jsG

SCROLL TO RESUME CONTENT

Adapun, dalam pelaksanaan hasil penghitungan surat suara pesta demokrasi pemilihan ketua RW 014 suara terbanyak diperoleh nomor urut 3 Iwan. 

Namum Pemilihan ketua RW 014 Taman Kencana masa bakti 2022 – 2027 menuai protes para pemilih.

Pasalnya pelaksanaan pemilihan Ketua RW 014 tersebut tidak transparan mulai dari berkas calon kandidat.

“Sebetulnya pelaksanaan pemilihan ini, dari para calon panitia tidak transparan, Karena berkas-berkas mereka itu tidak lengkap,” kata Henarto kepada wartawan, pada Sabtu 10 Desember 2022 malam. 

Menurutnya dari berkas yang dicurigainya tidak sesuai ia juga menyebut ketetapan SK panitia pelaksanaan, Dirinya mengatakan pelaksanaan pemilihan tersebut Panitia belum menerbitkan SK masing-masing panitia. 

“Ini sebetulnya masih jadi pertanyaan, persoalan adalah panitia sudah di tetapkan apa belum? Kalau belumkan sudah jelas itu melanggar,” ujarnya.

Baca Juga  JNE Deklarasikan Hari Bahagia Bersama

Sebelum dimulai pemilihan Henarto juga protes ke panitia dengan disaksikan para pemilih mengatakan pertanyaan pada panitia apakah sudah sesuai aturan atau tidak. Ia mejelaskan bahwa perlu transparan panitia dalam pelaksanaan pemungutan suara tersebut.

“Saya bertanya dulu dengan panitia apakah berkas peserta calon RW sudah lengkap? Jadi kalau tidak apakah ini kayak dilanjutkan,” ungkapnya. 

Menanggapi hal tersebut Ketua Panitia Tony menipis isu bahwa kegiatan pemilihan Ketua RW 014 tersebut tidak transparan, Soal berkas calon yang tidak lengkap, ia menyebut hak rahasia panitia.

“Kalau ada yang protes kita tidak transparan, itu hak panitia dan pemilih tidak boleh tahu,” ujarnya. 

“Jadi berkas itu panitia yang tau, jadi ini akan kami lanjutkan ke Kelurahan, misalkan berkas atau tidak lengkap nanti keluaran bisa menentukan apakah sudah sesuai praturan atau tidak,” jelasnya.

Terkait daftar pemilih ketua panitia Tony menyebut ada 30 persen pemilih yang tidak hadir. Kendati demikian pemilihan tersebut bisa disepakati dan dinyatakan sah.

Baca Juga  Kakanwil Kemenkumham DKI Buka Seleksi Tes Kesamaptaan Calon Taruna/Taruni Poltekip dan Poltekim 2022

“Ada 30 persen pemilih tidak hadir, walpun begitu bisa kita sepakati bahwa pemilihan ketua RW 014 Taman Kencana ini sudah sah,” pungkasnya.

Lebih lanjut pelaksanaan pemilihan RW 014 Taman Kencana tersebut panitia molor waktu satu jam, pasalnya agenda panitia sudah ditentukan pemungutan pukul 18.00 sampai 20.00 WIB, perhitungan suara 20.00 sampai 21.00 WIB.

Kenyataannya panitia memungut suara mulai pada pukul. 21.20 WIB selesai pada pukul 22.04 WIB.

Diinformasikan panitia mencetak 600 lembar kertas surat suara, sedangkan terpakai 376 surat suara, sisa kertas surat suara yang tidak terpakai sebanyak 222 lembar.

Dari masing-masing tiga colon kandidat No.1 K.P Tambunan mendapat suara 106, kandidat No.2 Rudia Senjaya mendapat 10 suara dan kandidat No.3 Iwan Pratama mendapat 256 suara, sedangkan suara yang rusak 4 kertas.

Diketahui setidaknya ada 6 RT yang memilih dilokasi dengan total suara 276 suara. Masing-masing RT.I jumlah 61 pemilih, RT. II 84 pemilih, RT. III 32 pemilih, RT. IV 35 pemilih, RT.V 84 pemilih, RT.VI 61 pemilih.

(*/eki)